SDIT Nur Hikmah Bekasi Gelar Khotmul Qur`an Dan Imtihan: Orang Tua Terharu

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hikmah Bekasi menggelar wisuda Khotmul Qur’an dan Imtihan angkatan ke 12, di gedung pertemuan Prasetya, Kota Bekasi, Minggu (5/6). Sebanyak 254 siswa/siswi SDIT Nur Hikmah ikut dalam acara tersebut. Peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan SDIT Nur Hikmah angkatan ke 12 ini adalah siswa/siswi dari kelas 1 sampai kelas 6.

Pelajar khotmul Quran SDIT Nur Hikmah

Mereka berhasil menghafalkan Alquran juz 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 29 dan 30, dengan pelajaran metode Ummi. Sebagian di antaranya berhasil menghafalkan 11 juz.

Kepala Sekolah SDIT Nur Hikmah Usth. Nia Kurniawati mengatakan, kegiatan ini merupakan laporan secara langsung dan nyata terkait dengan kualitas pembelajaran siswa siswi di SDIT Nur Hikmah kepada orang tua.

Sesi foto Bersama para dewan guru dan peserta khotmul Quran

“Selama 2 tahun pandemi, belajar dari rumah, waktu belajar yang kurang, pembelajaran tatap muka pun terbatas, tapi Alhamdulillah, siswa/siswi SDIT Nur Hikmah tetap semangat dan bisa belajar dengan baik,” tutur Usth. Nia Kurniawati dalam sambutannya di acara Khotmul Qur’an dan Imtihan SDIT Nur Hikmah Bekasi.

ustadz Ahmad Yusuf, M.Pd. dan Ustadz Masturi dalam sesi uji Publik

Dijelaskan, untuk bisa mengikuti acara ini, ada tahapan yang harus ditempuh siswa/siswi. Mereka harus lulus pra munaqosah, di mana pengujinya adalah ustadz/ustadzah dari SDIT Nur Hikmah. Setelah lulus pra munaqosah, kemudian siswa/siswi mengikuti ujian munaqosah, yang pengujinya langsung dari Surabaya.

“Alhamdulillah, tahun ini SDIT Nur Hikmah 3 kali menyelenggarakan munaqosah. Meluluskan 254 siswa, dan Alhamdulilah, khotmul qur’an angkatan ke 12 ini merupakan peserta terbanyak. Dan pertama kalinya mendapatkan capaian tertinggi khataman 11 juz,” tutur Nia Kurniawati.

ustadzah Nia kepala sekolah SDIT Nur Hikmah dalam laporan nya kepada orangtua siswa

Sebanyak 254 siswa/siswi yang mengikuti kegiatan tersebut dibagi dalam beberapa kategori. Diantaranya, tahfidz juz 30 diikuti sebanyak 123 siswa, tahfidz juz 29 sebanyak 20 siswa Sedangkan juz 1 sebanyak 4 siswa, dan tahfidz juz 1 dan 2, diikuti 1 siswa. Khotmul Qur’an dan Imtihan angkatan ke 12 ini juga berhasil mengantarkan salah satu siswi SDIT Nur Hikmah masuk dalam program Hafiz Indonesia 2022. Menjadi terbaik pada nominasi Tajwid / ajwad, dan terbaik 9 dari seluruh peserta se Indonesia

“Semoga para peserta senantiasa Istiqomah dalam belajar, jadi hafid hafizoh,” pungkas Kepala Sekolah SDIT Nur Hikmah.

Ketua Yayasan Wakaf Nur Hikmah, Ust. Mahmud Anis Baswedan ikut mendokan agar siswa/siswi SDIT Nur Hikmah bisa makin mendekatkan kepada Allah, anak-anak bisa menjadi generasi Qur’ani.

Sambutan Oleh Ketua Yayasan Wakaf Nur Hikmah, Mahmud Anis Baswedan

“SDIT Nur Hikmah berkomitmen untuk terus mempelajari Alquran. SDIT Nur hikmah hadir karena Alquran,” katanya. Dengan pertolongan Allah, pembelajaran Alquran bsa berjalan optimal. Pencapaian hapalan Alquran juga bisa mencapai di atas target. Menurutnya, pencapaian ini melewati proses panjang yang dilakukan berbagai pihak.

“Selamat kepada peserta khotmul qur’an dan imtihan. Tetap semangat, semoga ananda bisa menghadiahkan mahkota bagi ayah bunda diakhirat kelak,” imbuhnya.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab oleh tim penguji Ummi dan orang tua kepada para peserta. Acara berjalan lancar dan semua peserta bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Tampak raut bahagia orang tua melihat putra putrinya mampu membaca Alqur’an dengan baik. Sebagian besar orang tua juga terharu ketika putra putrinya melantunkan ayat suci Alquran dengan kalimat yang fasih dan baik.

LPI nurhikmah

Related Posts