Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

Selangkah Menuju Munaqosyah SDIT NUR HIKMAH…!!

By | Published | No Comments

“Bacalah Al Qur’an, karena sesungguhnya Al Qur’an itu pada hari kiamat akan memberikan syafa’at kepada pembacanya” (HR Muslim)

Mengutip dari Hadits Rasulullah di atas, SDIT NUR HIKMAH mencoba mengambil peran penting tersebut. Upaya maksimal untuk membangun kedekatan para siswa dengan Rabb dan RasulNya pun selalu lekat dalam setiap program yang ada. Salah satu program unggulan yang diusung adalah pembelajaran Al Quran yang hingga saat ini menjadikan SDIT NUR HIKMAH tak sepi dari perburuan calon orang tua siswa dalam mencari sekolah terbaik di jenjang sekolah dasar.

Berkaitan dengan hal tersebut, di hari Senin – Selasa kemarin SDIT NUR HIKMAH menyelenggarakan kegiatan Pra Munaqosyah yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta agar lebih matang dalam mengikuti kegiatan Munaqosyah yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 November 2021.

Pra Munaqosyah dilakukan secara offline tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

Terdapat dua kategori peserta dalam kegiatan Pra Munaqosyah ini, yaitu Tartil dan Tahfidz. Capaian peserta pada kategori Tahfidz ini mencakup juz 1, 2, 3, 6 dan 7, dengan rincian Juz 30 sebanyak 40 peserta, Juz 29 : 13 peserta, Juz 1 4 peserta, Juz 2 & 3 masing-masing 1 peserta, Juz 30 & 29 1 peserta, Juz 1 & 2 4 peserta dan Juz 6 & 7 1 peserta, peserta Tartil sebanyak 25 peserta dan keseluruhan peserta berjumlah 96. Dengan penuh semangat dan persiapan yang cukup matang, seluruh peserta mampu menjawab segala pertanyaan yang diajukan oleh para Munaqisy. Untuk katergori Tartil sendiri ada beberapa point yang diujikan seperti Tartil, fashohah, ghorib, tajwid dan tahfidz surat An Naas – Al A’la. Semoga apa yang mereka usahakan mendapatkan hasil terbaik dan mereka mampu mengamalkannya, doakan ya Ayah Bunda dan sobat Nur Hikmah…

Akhirnya, Al Qur’an adalah warisan paling berharga yang ditinggalkan oleh Rasulullah untuk kita. Sudah semestinya kita sebagai umatnya berusaha keras untuk intens dalam interaksi dengan Al Quran, baik membacanya, mempelajarinya dan mentadabburinya. Kelak A Quran yang kita baca akan menjadi penolong dan pemberi syafaat dihari akhir nanti. Allahummarhamna bil Qur’an…

Moda online pun diterapkan dalam Pra Munaqosyah 1