Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

Pelatihan Qurban di SMA IT Nur Hikmah Bekasi

By | Published | No Comments

Recap Kegiatan Qurban SMAIT Nur Hikmah Bekasi 1445 H

Kamis, 20 Juni 2024 atau bertepatan dengan hari Tasyrik ke-3, 13 Dzulhijjah 1445 H, SMA IT Nur Hikmah Bekasi mengadakan Pelatihan Qurban. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa. Sebelumnya siswa telah mendapatkan bekal dari guru diniyah berupa sejarah akan adanya ibadah qurban. Untuk menindaklanjuti agenda pembekalan tersebut maka pihak sekolah mengadakan pelatihan qurban sebagai bekal siswa saat bermasyarakat kelak.

Kegiatan pelatihan qurban diawali oleh pengarahan dari guru yang tergabung dalam juru sembelih halal mengenai fiqih qurban, harapannya siswa tidak hanya tau tentang sejarah namun juga tata cara pelaksanaan qurban sesuai syariat. Usai pemberian materi seluruh siswa turun menuju lapangan untuk melakukan praktik penyembelihan. Tersedia dua ekor domba yang akan digunakan untuk praktik. Domba tersebut dibeli dari infaq siswa-siswi dan diatasnamakan kepada staff sekolah yang belum berkesempatan untuk qurban.

Setelah kedua domba dipotong siswa belajar cara menguliti domba didampingi beberapa ustadz, kemudian siswa melanjutkan dengan memotong kecil-kecil bagian daging dan tulang. Sebagian daging dimasak dan selebihnya dibagikan kepada yang berhak menerima. Agenda kegiatan praktik penyembelihan hewan qurban ditutup dengan makan bersama di aula setelah melaksanakan sholat dhuhur berjamaah. Alhamdulillah, kegiatan sampai akhir berjalan dengan khidmat tanpa halangan apapun. Ustadz Muriyanto selaku Koordinator Diniyah SMAIT Nur Hikmah Bekasi yang bekerjasama dengan Ustadz Fattah Firdaus selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, berharap semoga agenda seperti ini dapat berjalan setiap tahunnya. Harapannya agar siswa tidak hanya paham mengenai sejarah dan syariat qurban tetapi juga dapat mempraktikkannya sesuai aturan agama Islam. Di sisi lain kegiatan semacam ini tentunya memberikan kesan tersendiri bagi siswa karena jarang ada sekoah yang mengadakan kegiatan pelatihan penyembelihan hewan qurban dan memberi kesempatan pada siswa untuk menyembelih langsung.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Kami berharap informasi yang kami bagikan dapat memberikan wawasan dan membantu Anda dalam memahami SMAIT Nur Hikmah. Untuk mendapatkan lebih banyak konten informatif dan menarik, jangan lupa untuk mengikuti kami di media sosial berikut ini:

Instagram SMAIT Nur Hikmah

Youtube SMAIT Nur Hikmah

Sampai jumpa di artikel berikutnya!