Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

SMAIT NUR HIKMAH Eksekusi Student Career Mapping

By | Published | No Comments

Siswa kelas X tengah fokus dalam uji soal Career mapping

Bertepatan dengan Jum’at, 11 Januari 2023 SMAIT Nur Hikmah mengeksekusi program Student Career Mapping (SCM). Kegiatan ini diinisiasi oleh team Psikolog dengan team BK unit SMA selaku kolaborator. Berlangsung selama 210 menit jam dimulai pukul 08.00 – 11.30 kegiatan ini berlangsung lancar dan khidmat diikuti oleh seluruh siswa/i kelas X. Student Career Mapping merupakan salah satu program akademik yang dimunculkan oleh SMAIT Nur Hikmah yang bertujuan untuk mengajak siswa mengenali potensi dirinya lebih dalam dan juga mengetahui  bidang peminatan siswa masing – masing. Pemetaan jurusan yang nanti akan muncul akan membantu siswa untuk lebih memahami minat, bakat, dan nilai-nilai mereka. Harapannya dengan pemahaman ini mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih jurusan atau program studi yang sesuai dengan minat dan potensi mereka.

Sebagian siswi juga tengah berkonsentrasi penuh dalam uji soal

Selain bertujuan untuk peminatan siswa, Program Student Career Mapping ini juga dapat menjadi wadah pengembangan keterampilan bagi siswa.Membantu siswa untuk mengidentifikasi keterampilan yang diperlukan dalam karier yang mereka pilih. Dengan mengetahui keterampilan tersebut, siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka lebih awal, sehingga mereka lebih siap ketika memasuki dunia pekerjaan atau melanjutkan pendidikan mereka,” dijelaskan Ustdzh Hani Hashifa dalam sesi obrolan tadi pagi bersama team reportase. Secara umum materi yang diujikan dalam SCM ini meliputi test minat bakat, kepribadian, akademik dll. Selanjutnya, hasil yang didapat akan menjadi kunci dan fokus dalam pemetaan serta pengelompokan siswa dalam KBM di kelas XI. Sehingga didapati pada jenjang kelas berikutnya, siswa sudah memiliki fokus tersendiri terhadap bidang yang diminati. Untuk selanjutnya sekolah akan memberikan bimbingan dan program khusus sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan Career mapping tersebut hingga akhirnya mereka dapat sukses dalam menempuh studi lanjutan di jenjang Perguruan Tinggi yang diminati.

Lebih lanjut Sabina yang juga salah satu peserta dalam uji soal Career mapping menyampaikan bahwa dirinya ingin memiliki wacana untuk mengambil jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia dalam jenjang perguruan tinggi nanti. “Menurutnya pemetaan Career mapping ini sangat berguna bagi peta jalan pendidikan yang akan ditempuhnya. Setidaknya ini menjadi pijakan awal dan semakin membuat saya mantap untuk mengejar cita-cita saya untuk dapat tembus di kampus UI. Tentunya dengan segala bimbingan, program pendidikan sukses PTN dan PTLN yang telah diselenggarakan oleh SMAIT Nur Hikmah, insya Allah akan membuat saya mantap untuk melaju ke kampus impian”, ungkapnya saat team reportase menyambangi kelasnya pada Jumat pekan lalu.

Baarakallahu fiikum…