Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

Serunya Edukasi Praktik Berkebun di TK Nur Hikmah

By | Published | No Comments

Hari ini tentunya hari yang menyenangkan untuk seluruh siswa TK Nur Hikmah. Pasalnya hari ini Rabu, 10 Januari 2024 telah dilaksanakan kegiatan pembukaan tema di semester 2 Tahun Ajaran 2023/2024. Kegiatan Gardening & Fun Cooking menjadi program pembuka kegiatan belajar siswa dan tentunya kegiatan ini akan menjadi pembelajaran yang menarik. Dimulai dari menyaksikan video tentang rangkaian proses awal dari menyemai benih, merawat hingga memanen tanaman kangkung dan jagung semua diperlihatkan dalam tayangan tersebut. Terlihat sekali rasa ingin tahu mereka yang begitu tinggi.

Untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka, rangkaian kegiatan berikutnya adalah para siswa diajak untuk berkunjung ke ladang guna melakukan praktik secara langsung. Keberangkatan dimulai dari pukul 08.30 dan tiba dilokasi sekitar pukul 09.00. Setibanya di sana para siswa sudah dibekali dengan perlengkapan berupa topi caping dan sepatu boot. dan mereka pun di sambut oleh para petani yang bersiap mengajari mereka praktik secara langsung mulai dari menyemai benih, menyiram dan merawat hingga memanen. dan mereka pun diajak ke bedeng – bedeng tempat persemaian kangkung hingga ke bedeng pemanenan. setelah mendapatkan pengetahuan yang cukup tentang tanam menanam, para siswa kemudian diajak untuk memanen. Hal ini lah yang paling ditunggu oleh mereka. satu lahan kangkung telah terisi oleh para siswa yang bersiap untuk memanen. Tawa bahagia dan keseruan mereka terlihat seklai dari kegiatan outdoor ini.

“Mereka mengikuti proses menanam tanaman mulai dari membuat lubang kecil untuk menanam, cara memupuk dan menyiram tanaman agar tumbuh baik. Kami memberikan materi dan praktik dasar tentang menanam. Harapannya, anak-anak dapat mencintai dan peduli terhadap lingkungan melalui program Gardening,” tutur Ustdzah Desy pada obrolan kemarin sore bersama team reportase.

“Selain itu juga kegiatan Gardening ini memiliki banyak kebermanfaatan seperti, pengembangan keterampilan motorik, mengajarkan tanggung jawab dan kedisiplinan, dimana mereka belajar bahwa tanaman memerlukan perhatian dan perawatan teratur untuk tumbuh dan berkembang. selain itu berkebun juga dapat memperkenalkan siswa pada konsep lingkungan hidup dan ketergantungan manusia pada alam. Mereka dapat mengalami langsung bagaimana tanaman menghasilkan oksigen dan memberikan kontribusi positif pada lingkungan“, tambah Ustdzah Desy kembali.