Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

ASAS 1 SMPIT Nur Hikmah, bukan hanya soal Akademik, tapi juga Integritas siswa

By | Published | No Comments

Senin, 11 Desember 2023, SMPIT Nur Hikmah mengadakan agenda Assesmen Sumatif akhir Semester 1 ( ASAS 1 ). Ini adalah bagian dari mekanisme proses KBM yang sebenarnya sudah dimulai sejak tanggal 5 Desember 2023, melalui Ujian Praktek di lingkungan sekolah.

Ustadz Gunawan Lc.. selaku wakil kepala bidang kurikulum menuturkan bahwa “kegiatan PAS1 ini dilakukan dengan model Paper tes, kita ingin siswa lebih ril dan nyata dalam mengerjakan soal, ada opsi dengan model online, tapi mekanisme rapat menyimpulkan, moda paper tes, akan lebih bisa menstimulus siswa untuk berfikir dan juga lebih mendapatkan vibe ujian, kita juga ini hasil siswa lebih baik, meski tentu moda paper tes ini agak sedikit membutuhkna effort dalam penilaian ”

beliau juga menambahkan, “sukses pelaksanaan ASAS 1 ini tergantung dari kolaborasi dari seluruh lini, dengan harapan, ASAS 1 tidak hanya sekedar menguji kemampuan akademik saja, melainka menempa pelajar untuk menjadi disiplin tinggi, jujur dan memiliki motivasi kuat menjadi semakin baik,” lanjut beliau bertenaga.

Ustadzah fatimah Lc. selaku Pelaksana Teknis mengatakan “Alhamdulillah, pada sesi pertama tadi, kendala teknis terkait pengerjaan dan lainnya nyaris tidak ada, kita bersyukur untuk itu ini bisa jadi disebabkan oleh karena memang saat PTS kemarin kita melakukan hal yang sama, jadi cukup pengalaman lah,” tutur beliau percaya diri.

Adapun ustadzah Nida salah satu pengawas tahun ini mengatakan, “setiap pelaksanaan ASAS1 sepekan ini, kita akan terus lakukan evaluasi harian, mulai dari proses masuk, memurojaah surat, kerapihan siswa, dan juga disiplin siswa akan terus kita optimalkan agar suasana tetap terasa, ketika ditanya apakah siswa yang sudah selesai bisa langsung pulang, beliau menjawab, semua siswa bisa di izinkan pulang jika 15 menit dari waktu jadwal kepulangan sudah bisa, asal sudah menyelesaikan soal semua.”

Riko selaku ketua OSIS SMPIT Nur Hikmah juga dalam kesempatan berbeda mengatakan kepada admin, “bahwa menjelang ASAS1 mereka juga menguatkan pelajar tentang kesiapan rekan rekan mereka, inshaa Allah sebagian besar siswa menyambutnya dengan penuh percaya diri,” tutur Riko, Barakallah, sukses terus buat pelajar SMPIT Nur Hikmah…aamiin