Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

Bentuk Kedisiplinan & Tanggung Jawab, SDIT Nur Hikmah Gelar PERJUSA

By | Published | No Comments

Seluruh peserta Perjusa berfoto bersama di lokasi Buperta Cibubur Jakarta Timur

Bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur kegiatan Perjusa (Perkemahan Jumat Sabtu) bagi siswa kelas 5 SDIT ini digelar. Perjusa merupakan kegiatan kepramukaan yang bertujuan untuk melatih kemampuan diri siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial, memperkuat kebersamaan, dan meningkatkan kemandirian melalui aktivitas luar ruangan.

Upacara pembukaan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu yang berlangsung secara khidmat

Berlangsung selama 2 hari 10 – 11 kegiatan ini sangat dinantikan oleh seluruh siswa kelas 5. Keberangkatan dilaksanakan pada tanggal Jum’at 10 November 2023. Pukul 07.30 para siswa telah memenuhi lapangan utama guna diberangkatkan dengan armada jemputan sekolah yang dilepas langsung oleh Kepala SDIT Nur Hikmah Ustdzh Tinah Afriani, S.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan “Perjusa ini harus diikuti dengan sebaik-baiknya. Karena kegiatan ini kami design untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, memperluas pengetahuan alam, dan memupuk rasa tanggung jawab melalui pengalaman praktis di alam terbuka. Meningkatkan kerjasama, pengembangan ketangguhan, penguatan hubungan sosial, serta keberanian dalam menghadapi tantangan”, tuturnya dalam sesi sambutan sebelum pelepasan pada Jumat kemarin.

Pukul 07.30 pun siswa diberangkatkan menuju Buperta Cibubur dan menempuh waktu sekitar 45 menit perjalanan. Setibanya di lokasi, siswa mendapatkan sedikit pembekalan dari Kak Robbi terkait selaku Pembina Pramuka dengan menuturkan beberapa kewajiban dan aturan yang harus dipenuhi pada saat kegiatan. Setelah pemberian maklumat selesa pendirian tenda pun dimulai. Terlihat sekali kekompakan dan kerjasama mereka dalam pendirian tenda. Tidak tampak wajah lelah dari peserta dalam kegiatan tersebut. Pasca tenda berdiri, para peserta pun bersiap mengemas dan merapihkan barang – barang mereka ke dalam tenda masing – masing. Dinamika kegiatan Perjusa ini variatif tidak hanya kegiatan fisik, namun diisi juga dengan kegiatan seru dan menarik. Dengan menyajikan momen hiburan dan rekreasi, malam harinya diisi dengan kegiatan api unggun dan sesi menampilkan karya seni. Api unggun menciptakan suasana keakraban dan kehangatan di antara peserta. Momen seperti ini sangat berharga dalam membentuk hubungan sosial yang lebih dalam dan mendorong terciptanya atmosfer positif di antara anggota pramuka.

“PERJUSA bukan hanya sekadar perkemahan biasa, tetapi juga merupakan platform untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan mempererat rasa persaudaraan. Kami berharap melalui acara ini, peserta dapat belajar banyak hal yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ustadzah Neni selaku Wakil Bidang Kesiswaan yang ditemui pada kemarin.

Dalam penutupan PERJUSA, dilakukan upacara pembubaran dengan penuh semangat dan haru. Peserta membawa pulang tidak hanya pengalaman berharga, tetapi juga kenangan dan pelajaran berharga yang akan membekas sepanjang hayat.