Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

Kenalkan Ibadah Haji, TK Nur Hikmah Gelar Manasik

By | Published | No Comments

Kegiatan Manasik Haji di Lingkungan Sekolah KB TK Nur Hikmah

Telah dilaksanakan secara sukses kegiatan Manasik Haji pada Sabtu, 26 Agustus 2023 oleh KB-TK Islam Nur Hikmah. Manasik Haji ini dilakukan di dalam lingkungan sekolah. Dengan diikuti oleh seluruh siswa KB TK sejumlah 159 siswa menjadi jamaah haji cilik. Dengan penuh antusias para jamaah haji cilik ini datang lebih awal dan bersemangat diantar ayah dan bundanya, bahkan ada yang diantar keluarga besar. Kegiatan manasik haji ini adalah salah satu program unggulan dan ditunggu-tunggu oleh orangtua dan anak-anak. Anak-anak hadir dengan sudah menggunakan pakaian ihram, masuk dengan mandiri dan bergabung dengan teman-teman lainnya.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan penggunaan pakaian ihram kemudian melakukan miqat dan dilanjutkan dengan melakukan niat ibadah haji. Setelah itu para jamaah haji kecil melakukan wukuf di Arafah dengan mengajak anak-anak untuk banyak beribadah berdzikir dan shalat. Setelah melakukan wukuf, anak-anak berangkat menuju muzdalifa dengan melalui trowongan mina, dan tak lupa talbiyah selalu terucap.

Pasca melakukan perjalanan melalui terowongan Mina, para jamaah haji cilik melanjutkan dengan kegiatan melempar jumrah. Berbekal batu kerikil yang telah dipersiapkan, mereka melempar dengan penuh semangat seraya mengucapkan “Bismillahi… Allahu Akbar”. Selesai melakukan jumrah, jamaah haji clik beristirahat di muzdalifah dengan meminum air zam-zam dan memakan kurma. “Ustazdah kurmanya manis, aku mau lagi, airnya segar” celoteh salah satu anak. Akhirnya tubuh bersemangat kembali setelah beristirahat di muzdalifah, dan jamaah haji melanjutkan urutan haji, selanjutnya adalah melakukan tawaf, dengan langkah kaki yang berenergi mereka mengelilingi ka’bah dan tak lupa mencium batu hajar aswad. Dalam kesempatan itu, Ustadzah Desy selaku Kepala KB TK menyampaikan bahwa “peragaan manasik haji bagi anak usia dini akan memberikan kesan mendalam dalam jiwa dan alam bawah sadar anak sehingga dapat membentuk karakter patuh dan tunduk kepada nilai-nilai keagaman”