Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

Jadi Laboratorium Al Qur’an, Yayasan Ma’had Al Istiqlal Karawang Kunjungi SDIT Nur Hikmah

By | Published | No Comments

Ustadz Tarmizi dan Ustadz Asrori (tengah kiri) berfoto bersama dengan pengurus Yayasan Ma’had Al Istiqlal Karawang

Rabu tanggal 09 Agustus 2023, LPI Nur Hikmah menerima kunjungan dalam rangka silaturrahim dan Studi Banding yang dilakukan oleh Yayasan Ma’had Al Istiqlal Karawang Jawa Barat. Adapun kunjungan studi banding lebih difokuskan kepada pembelajaran Al Qur’an dengan metode UMMI yang diselenggarakan di unit pendidikan SDIT Nur Hikmah. Dengan memyertakan sekitar 10 personil, kedatangan para tamu dari Yayasan Ma’had Al Istiqlal disambut hangat oleh Ustadz Tarmizi selalu ketua dalam team handling studi banding ini.

Kegiatan studi banding dimulai dengan tour sekolah sambil melihat dan mengobservasi kegiatan pembelajaran Al Qur’an di sesi pertama pada unit pendidikan SDIT Nur Hikmah. Agar kegiatan studi banding ini tepat sasaran, maka para visitor dikelompokan menjadi 4 kelompok kecil dengan didampingi oleh masing-masing team pendamping. Ustadzah Ayu selaku Manager Kurikulum dan juga penjamin mutu pembelajaran turut serta dalam kegiatan pendampingan ini. Para kordinator Al Qur’an dari masing-masing unit pun turut mendampingi para visitor. Kegiatan Tour KBM UMMI dilakukan di semua jenjang pendidikan, mulai dari jenjang TK, SD hingga SMP.

Sesi sharing dan tanya jawab pasca mengamati proses pembelajaran Al Qur’an di SDIT Nur Hikmah

Setelah melakukan pengamatan lapangan, selanjutnya mata agenda lainnya adalah sesi sharing dan tanya jawab dari para visitor. Diawali dengan sambutan dari Manager Diniyah Ustadz Tarmizi, M.Pd. kemudian dilanjutkan dengan pemaparan terkait profile sekolah oleh Kepala SDIT Nur Hikmah hingga pengulasan tentang inti pembelajaran Al Qur’an yang diulas oleh Ust Khoirunnahar, S.Pd.I selaku koordinator Al Qur’an unit SDIT Nur Hikmah. Kegiatan tersebut pun berlangsung hangat dan menarik, terbukti dengan antusiasnya para visitor dalam menyampaikan pernyataan dan pertanyaan seputar materi yang telah dijelaskan. “Apresiasi dan ucapan terimakasih atas sambutan yang dilakukan pihak LPI Nur Hikmah yang hangat dalam menjamu kami. Datang ke Nur Hikmah tidaklah asing dan memiliki kesan seperti sekolah kami sendiri dan harapan besar kami pasca studi banding ini, kami juga dapat mengaplikasikan di sekolah kami, hingga KBM Al Quran menjadi salah satu program unggulan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang tua siswa”, pangkas Dr. Ahmad Jauhari, HR, M.Pd selaku divisi Litbang Yayasan Ma’had Al Istiqlal saat sambutan dan sesi sharing kemarin.

“Nur Hikmah memang telah menjadi laboratorium Al Qur’an sejak 2003 bagi sekolah-sekolah yang mengaplikasikan UMMI sebagai metode pembelajaran Al Qur’an. Telah banyak tercatat sekolah-sekolah yang telah melakukan kunjungan studi banding dalam rangka optimalisasi penerapan pembelajaran Al Qur’an yang efektif di lingkungan sekolah mereka. Semoga keberadaan Nur Hikmah dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pembelajaran metode UMMI untuk sekolah-sekolah pengguna metode UMMI”, tutur Ustadz Tarmizi dalam menutup pertemuan silaturrahim studi banding kemarin.