Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

Dekatkan Terus Siswa Dengan Al Qur’an, TK Nur Hikmah Jadi Incaran Orang Tua

By | Published | No Comments

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan utama setiap anak agar kelak ia bisa menjadi anak yang bermanfaat bagi dirinya, keluarga, masyarakat, dan umat. Selain memberikan pendidikan terbaik secara langsung melalui parenting Islami, orang tua juga kini berlomba-lomba mendaftarkan anak-anaknya ke Sekolah Islam. Tidak dipungkiri salah satu alasan orang tua dalam mencari sekolah untuk putra – putri mereka saat ini adalah pendidikan agama yang ditawarkan. Dengan pertimbangan bahwa anak-anak mendapatkan porsi pendidikan yang berimbang. Antara pendidikan “duniawi” seperti ilmu eksakta dengan pendidikan “akhirat” yakni agama dan akhlak Islami memiliki porsi yang pas.

Al Qur’an menjadi salah satu pembelajaran yang menjadi daya tarik bagi para orang tua. KB TK Islam Nur Hikmah mencoba menghadirkan pembelajaran Al Qu’an selama 60 menit dalam setiap harinya. Metode UMMI yang diramu oleh Ummi Foundation Surabaya menjadi metode yang digunakan dikalangan LPI Nur Hikmah. Hal ini menjadi concern bagi Ustadz/dzah yang mengampu mata pelajaran tersebut. Berbekal ijazah bersertifikasi, seluruh guru KB TK Nur Hikmah telah layak menjadi pengajar Al Qur’an. Kualitas pembelajaran pun sengaja dijaga, dengan pengadaan supervisi yang dilakukan berkala, terlihat kualitas pengajaran Al Qur’an pun tetap terjaga.

Pembelajaran Al Qur’an dispesifikasikan menjadi dua varian, yaitu pembelajaran Tahsin dan pembelajaran Tahfidz. Kategori tahsin dimulai dari memperbaiki bacaan dan makhorijul huruf siswa, sedangkan kategori tahfid adalah proses ziyadah hingga setoran hafalan surat. Walaupun masih usia belia, target pun tak lepas dari sistem pembelajaran yang tersedia. Target bacaan yang ditetapkan di jenjang TK Nur Hikmah ini adalah hingga jilid 3. Sedangkan target tahfidz hingga surat Al Bayyinah. Namun, di lapangannya banyak sekali anak – anak yang sudah melampaui dari target yang telah di tetapkan. Sebut saja Aira siswi TK B yang saat ini capaian tahsinnya sudah hampir jilid 6. Dalam kesempatan yang lain, Bunda Ayu selaku Ibu dari Ananda Aira menyampaikan bahwa “capaian pembelajaran UMMI yang diraih oleh putri saya, sungguh diluar ekspektasi. Semangat yang tinggi tidak hanya terlihat di sekolah saja, pun di rumah Aira memiliki semangat yang sama untuk mengulang – ulang kembali hasil belajar yang di dapat di sekolah“. tutur Bunda Ayu di sela – sela kesibukannya.

Salah satu event yang dipersiapkan setiap tahunnya sebagai apresiasi untuk para pembelajar dan penghafal Al Qur’an adalah kegiatan Hubbul Qur’an. Event ini hampir ditunggu oleh sebagian besar orang tua siswa. Diawali dengan kegiatan doa pembuka yang dilakukan secara bersama, murojaah hingga sesi tanya jawab yang diajukan oleh Divisi Penjamin Mutu Ummi Foundation Surabaya dan juga orang tua menjadi jawaban performa atas kompetensi yang telah diajarkan para pengajar. Kegiatan yang bertajuk uji publik sekaligus apresiasi ini pula yang menjadikan KB TK Islam Nur Hikmah menjadi incaran pendidikan bagi orang tua.