Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

“Menarik.. Kembangkan Fisik Motorik Siswa, SDIT Nur Hikmah Ajak Siswa Buat Kue Klepon”

By | Published | No Comments

Terdengar Menarik sekali ide yang dicuatkan oleh Guru di jenjang kelas satu. Menstimulus perkembangan fisik motorik siswa baru dengan cara yang unik dan berbeda. Ya, membuat kue klepon adalah salah satu caranya. “Sengaja dipilihkan kegiatan yang menyenangkan dan seru agar menjadi daya tarik tersendiri bagi teman – teman kelas satu, terkesan tidak sedang belajar secara formil, namun syarat akan tujuan. Kami ingin mencoba mengembangkan motorik halus dengan melibatkan mereka dalam membuat kue tradisional ini”, ungkap Ustadzah Rara selalu Koordinator jenjang kelas 1 ini.

Lebih lanjut Ustadzah Rara menyampaikan, bahwa kegiatan stimulus motorik ini tidak hanya berpusat pada kegiatan membuat klepon saja. Akan tetapi banyak varian lain yang digunakan. Menggambar, menjumput, meremas busa, berjalan di atas balok Titian, merayap merupakan kegiatan motorik yang dipusatkan pada hari ke empat MPLS yang dilakukan di lingkungan SDIT Nur Hikmah.

Sebagai langkah awal, seluruh bahan pendukung dipersiapkan oleh team pengajar. Kemudian proses pun dimulai. Tayangan video tentang cara pembuatan sengaja diputarkan sebagai pengetahuan awal siswa dalam memahami kue klepon dan cara membuatnya. Setelah itu, barulah melibatkan siswa dalam memasukan bahan hingga menguleni hingga semua tercampur. Setelah itu, Ustadzah membagi masing – masing siswa dengan bahan yang siap untuk mereka bentuk. Bentuk standar yang diinginkan adalah bulat, namun jika ada kreasi lain yang dimunculkan siswa tidaklah mengapa.

Kunci dalam stimulus ini adalah siswa berupaya melibatkan seluruh fisik mereka untuk bergerak. Karena sejatinya perkembangan fisik motorik yang optimal, akan berpengaruh kepada fokus dan konsentrasi siswa. So, selamat menyelami perjalanan belajar yang menyenangkan bagi siswa/i baru ?