Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

PERSALAM, SMPIT Nur Hikmah, bangun kemandirian Siswa

By | Published | No Comments

Cibubur — Menyambut momen Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 SMPIT Nur Hikmah melaksanakan Kegiatan Perkemahan Satu Malam (Persalam) di Buperta Cibubur pada tanggal 31 Mei hingga 1 Juni 2023.

Kegiatan yang hanya dikhususkan untuk Jenjang Kelas 8 ini dimulai dengan kedatangan siswa untuk berkumpul di halaman sekolah pukul 06.00 WIB dan berangkat ke Bumi Perkemahan pukul 6.30 WIB. Sebelum keberangkatan, Ustadz Arifin selaku Pembina Pramuka SMPIT Nur Hikmah menyampaikan bahwa kegiatan Persalam ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan siswa sehingga anak-anak diwajibkan hadir tepat waktu.

Pukul 07.30, seluruh peserta Persalam tiba di Buperta Cibubur dengan aman dan selamat. Kemudian dilanjutkan dengan pendirian tenda oleh masing-masing regu. Regu yang terdiri dari rata-rata 8 siswa ini dengan lihai mendirikan tenda. Setelah tenda berdiri, anak-anak menaruh barang perlengkapan mereka dan segera melakukan persiapan untuk mengikuti upacara pembukaan.

Kegiatan Perkemahan ini diawali dengan Dinamika Kelompok, membuat yel-yel, latihan baris-berbaris, menyiapkan penampilan seni, dan outbond. Dalam kegiatan outbond, ada berbagai macam permainan yang dipersiapkan oleh panitia, diantaranya jaring laba-laba beracun, jalur anakonda, estafet air, lempar tangkap bola pakai sarung, dan tarik tambang. Semua kegiatan terlaksana dengan baik dan seru. Selain itu, kegiatan outbond juga dinilai oleh panitia untuk menentukan regu terbaik selama kegiatan Persalam ini. Pada malam hari, dilanjutkan dengan kegiatan malam api unggun dan penampilan seni dari masing-masing kelompok. Ada penampilan drama, tarian, eksperimen ilmu pengetahuan, kreasi baris-berbaris, dan lain-lain. Menjelang tengah malam, kegiatan malam api unggunpun disudahi.

Untuk menggenapi Kegiatan Perkemahan ini, kegiatan penjelajahan menjadi kegiatan yang melatih dan membentuk mental siswa. Uniknya kegiatan penjelajahan ini dilaksanakan setelah Sholat Tahajjud. Ada 5 pos yang harus dilewati oleh masing-masing kelompok, diantaranya pos keberangkatan, pos pengetahuan, pos kepramukaan, pos keagamaan, dan pos baris-berbaris. Kegiatan penjelajahanpun berakhir menjelang waktu Sholat Shubuh.

Kegiatan menarik lainnya yaitu memasak nasi goreng yang menjadi menu sarapan. Masing-masing wajib memasak nasi goreng dengan jumlah porsi sesuai dengan jumlah anggota regu mereka.
Untuk mengakhirkan kegiatan perkemahan ini, dilaksanakan kegiatan upacara penutupan untuk mengevaluasi pelaksanaan Persalam ini dan pembagian hadiah untuk peserta terbaik selama Kegiatan Persalam ini. Selama kegiatan Persalam ini, sholat berjamaah dan murojaah merupakan kegiatan yang tak mungkin terlewatkan. Kegiatan berakhir hari Kamis, 1 Juni 2023 pukul 09:30 dan siswa pulang ke sekolah.