Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

SMPIT Nur Hikmah, wisuda 188 siswa Hafidz Qur’an juz 1 -7 dan 28 – 30

By | Published | No Comments

Sabtu 18 Maret 2023, SMPIT Nur Hikmah mengadakan Khotmul Qur’an dan Imtihan ke- IV ditahun 2023. Kegiatan ini dilakukan di gedung Bela Vista bilangan Pondok gede, dengan jumlah peserta 188 siswa yang dihadiri tetamu undangan dari berbagai kalangan.

Ustadz Ahmad Yusuf M.Si dan Ustadz Masturi M.Pd selaku penguji utama dalam Khotmul Quran

Kegiatan Khotmul Qur’an dan Imtihan ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan pelajar SMPIT Nur Hikmah dalam bidang Al Qur’an. Ustadz Agusriwarman, S.E, M.Pd. dalam sambutan menuturkan untuk sampai pada proses Khotmul Qur’an ini, terlebih dahulu para Penghafal Qur’an ini telah melalui berbagai tahapan pengujian mulai dari pramunaqosyah yang di uji oleh tim internal Nur Hikmah sampai Munaqosyah yang di uji oleh Tim Ummi daerah Bekasi sebanyak 7 orang. Alhamdulillah dalam proses seleksi ini terjaring sebanyak 188 siswa dari berbagai kategori, diantaranya :

Ustadz Agusriwarman, M.Pd, selaku kepala Sekolah dalam sambutannya

Kategori Total
1. Tartil 20 Siswa
2. Juz 30 59 Siswa
3. Juz 29 57 Siswa
4. Juz 28 23 Siswa
5. Juz 1 35 Siswa
6. Juz 2 17 Siswa
7. Juz 3 6 Siswa
8. Juz 4 15 Siswa
9. Juz 5 13 Siswa
10. Juz 6 4 Siswa
11. Juz 7 1 Siswa

Salah satu siswa ( Aqil ) sedang di Uji Publik Juz IV oleh Penguji

“Yang menarik dalam kegiatan Khotmul Qur’an kali ini adalah adanya siswa yang sudah sampai juz 7, itu artinya pelajar ini sudah memiliki hafalan sebanyak 10 juz selama berada di Nur Hikmah,” tutur ustadz Agus ketika diwawancarai oleh tim media Nur Hikmah.

Ustadz Asrori, S.Pd.I memberikan Apresiasi kepada salah satu siswa yang mendapatkan nilai terbaik

Adapun ustadz Asrori, S.Pd.I selaku wakil kepala sekolah bidang diniyah SMPIT Nur Hikmah yang juga menjadi penanggung jawab agenda besar ini menuturkan, “pengujian dalam tahapan ini baik pra-munaqosyah dan Munaqosyah kami sedikit memaksakan dengan cara offline demi menjaga kualitas hafalan dan mutu dari hasil hafalan siswa – siswi. Jelas ini menjadi lebih menarik karena diujung kegiatan ini sekolah juga bisa melaksanakan kegiatan Khotmul Qur’an ini dengan cara Offline, Alhamdulillah.” lanjut beliau.

Foto Bersama dewan guru Al quran SMPIT Nur Hikmah

Senada dengan ustadz Asrori. Manajer penjamin Mutu Ummi Foundation Pusat Surabaya Ustadz Ahmad Yusuf, M.Pd. yang kali ini langsung datang dari Surabaya selaku penguji utama para pelajar menuturkan “Sangat bangga dengan pelaksanaan ini, jelas kegiatan ini benar – benar memecah kebekuan yang selama ini di bajak habis oleh Pandemi. Tapi Alhamdulillah SMPIT Nur Hikmah bisa mengadakan secara offline ini jelas menjadi value tersendiri. Makanya saya memaksakan datang langsung dari Surabaya hanya untuk agenda Khotmul Qur’an ini, dikesempatan ini juga SMPIT Nur Hikmah pun di nobatkan sebagai sekolah Model metode UMMI di kawasan jabodetabek, Masyaa Allah.

Para pelajar yang di wisuda Quran 2023

Dikesempatan ini turut serta hadir Direktur LPI Nur Hikmah, Ustadzah Rahayu Kusumastuti, M.Pd, melalui tim media beliau menuturkan bahwa pelajar pelajar hebat dalam Qur’an tadi sudah saatnya perlu rumah baru, dan dalam waktu dengan bismillah kami akan menyediakan SMAIT Nur Hikmah agar hafalan – hafalan pelajar ini terus diperbanyak, terjaga dan juga menjadi generasi emas bangsa Indonesia…aamiin