Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

SMPIT Nur Hikmah,165 pelajar Pramunaqosyah juz 30 – juz 5

By | Published | No Comments

Rabu tanggal 1 Februari 2023, suasana mendung menyelimuti langit jabodetabek, pun juga Nur Hikmah, tapi tidak dalam gedungnya, karena sejak pagi hampir disetiap ruang kelas dipenuhi pelajar yang sedang menghafal Al Quran. Ya benar, hari ini adalah hari pra munaqosyah bagi 160 pelajar, untuk di uji hafalan quran mereka oleh guru internal, sebelum di uji secara ekternal oleh Ummi daerah dan ummi pusat nanti di bulan maret.

Ustadz Ahmad Arifin, S.Ag sedang menguji peserta Pramunaqosyah

Ustadz Asrori, M.Pd. menuturkan, “total jumlah yang di uji berdasarkan hafalan adalah sebanyak 165 siswa, tapi secara individu adalah 160 siswa, karena 5 anak mengikuti dua  juz dalam tes ini, Alhamdulillah di pramunaqsyah 2 ini, kita mengikutkan banyak anak, kita mengejar terutama untuk pelajar kelas 9 yang sebentar lagi akan lulus, jadi pramunaqosyah ini menjadi penting sekali, ditambah lagi dengan akan diadakannya wisuda quran di pertengahan maret nanti, kita berharap seluruh siswa kelas 9 sudah terwisuda quran,” ucap beliau

Sekumpulan pelajar sedang berikhtiar menghafal sebelum di uji

Adapun data data siswa adalah 160 (double katagori 165) sebagai berikut :

Juz 30 : 46

Juz 29 : 44

Juz 28 : 13

Juz 1 : 22

Juz 2 : 15

Juz 3 : 3

Juz 4 : 4

Juz 5 : 10

Juz 6 : 4

Juz 7 : 2

Ustadzah Alfi sedang menguji pelajar akhwat di Aula lantai 3

Dari seluruh kategori diatas, Ustadz rijal selaku Koordinator bidang Al Quran menuturkan, kita menyiapkan 13 penguji internal, yang mana dalam satu pelaksanaan langsung 2 anak dihadapan penguji dengan model mandiri dan sambung ayat, Alhamdulillah dalam pantauan kami, semua berjalan dengan baik secara konsep, karena memang tempat pengujian kita pencar menjadi 3 bagian, yaitu perpustakaan, Aula lantai 3 dan juga ruang  Al Quran.

Ustadz Asrori selaku wakil kepala diniyah ikut terjun sebagai penguji

Salah satu siswa bernama Muhammad Sajid Muzakki, kelas 9 ketika ditanya, kan kemarin sudah ikut munaqosyah di semester 1, kok masih ikut lagi, dengan singkat beliau menjawab, target pribadi ku juz dua, jadi ini adalah pramunaqosyah aku yang terkahir dikelas 9, mau tak mau mengikuti ini harus bagi aku, tekad beliau dihadapan admin.

raihan dan sajid siswa kelas 9 yang turut di Pramunaqosyah kali ini

Barakallah, sukses terus pelajar SMPIT Nur Hikmah, semoga Allah bombing pada masa depan cerah baik didunia dan di akhirat….aamiin