Skip to content
Ilmu Itu lebih baik dari kekayaan, karena kekayaan itu harus dijaga, sedangkan ilmu itu menjaga kamu.

(Ali Bin Abi Thalib).

Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat.
Ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.

(Imam Syafi’i).

Suatu pengetahuan (ilmu) jika tidak manfaat untukmu, maka tidak akan membahayakanmu.

(Umar Bin Khathab).

“Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia – sia”.

(Abu Bakar As Shiddiq RA).

SMPIT Nur Hikmah, Kembangkan literasi pelajar melalui bedah buku

By | Published | No Comments

Kamis, 1 September 2022, SMPIT Nur Hikmah Bekasi, di Budaya Pagi kali ini mengadakan bedah buku dikalangan siswa, sejatinya Kamis pagi adalah kegiatan kewali kelasan, dimana para wali kelas memberikan arahan secara spesifik kepada siswa dengan durasi 45 menit sebelum memulai pembelajaran pertama. Tapi kali ini, berbeda, Karena masa musim bedah buku telah tiba, kegiatan kewalikelasan pekan ini mengadakan bedah buku yang dibagi dua tempat, bagi Ikhwan di aula utama SMPIT Nur Hikmah berada dilantai 3, dan bagi akhwat di lantai 2 berada diperpustakaan SMPIT Nur Hikmah.

Bedah buku di Kelompok Akhwat yang dipaparkan Oleh Aisha Defina

Ustadzah Anik Nurhidayati, S.Si. selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum, yang juga menginisiasi program kegiatan ini mengatakan, “bedah buku semodel ini akan jadi row model bedah buku dikelas – kelas nanti yang akan kita adakan inshaa Allah dalam 1 bulan sekali, kita berharap kegiatan ini selain membangun keberanian siswa dalam berbicara didepan umum juga agar siswa kaya akan literasi selain buku ajar disekolah, tapi lebih utama adalah agar siswa bisa kembali kelembar – lembar buku dan meninggalkan dunia gadget yang menandai polemik bagi remaja masa kini,” imbuh beliau.

Antusiasme pelajar SMPIT Nur Hikmah dalam kegiatan bedah buku

Dalam kegiatan perdana ini, 2 buku dibedah dengan dua lokasi, yaitu perpustakaan oleh Defina, dengan judul What’s so wrong about your self healing : sembuhkan luka diri. Dalam paparannya Defina memulai dengan pernahkah kalian mengalami masa lalu yang kurang menyenangkan ? Dan kalian butuh healing tapi ga tau harus mulai dari mana ? Dengan bahasa yang sangat komunikatif Defina membuat rekan sejawatnya menjadi fokus pada paparan beliau. Kegiatan dilantai dua ini hostnya adalah ustadzah Anita Putri Lesmana, S.Pd. yang juga adalah guru bahasa Indonesia.

Bedah buku dikelompok Ikhwan yang dipaparkan Oleh Aditya Omar

Ketika ditanya oleh admin, bagaimana perasaan kamu ketika bedah buku perdana ini, Defina mengatakan ” merasa terhormat bisa mendapatkan kesempatan ini, berbagi dihadapan teman teman. Sedikit tegang diawalnya, tapi melihat antusiasme dan host yang luwes, aku menjadi mulai enjoy, sampai berakhirnya waktu paparan.” Masyaa Allah…

para pelajar Ikhwan didampingi oleh para walas dan juga Host Ustadz febri

Adapun dilantai 3, di aula utama SMPIT Nur Hikmah, Aditya Omar juga membedah buku dengan judul living smart, membangkitkan kecerdasan Hidup. Dimana paparan Adit berorientasi pada agar kita sebagai manusia dan pelajar jangan merasa kecil hati dan rendah diri, seolah menganggap diri bukan siapa – siapa, padahal kan setiap kita adalah istimewa. Asal kita mau serius dengan diri kita yang sesungguhnya. Paparan yang sangat mengherankan. Barakallah Adit.

suasana perpustakaan saat bedah buku

Ustadz agusriwarman, S.E, M.Pd. selaku kepala sekolah yang turut serta dalam kegiatan ini, mengaku bangga dengan para pelajar, “melihat mereka menyampaikan paparan buku, rasanya saya kembali menjadi murid dihadapan mereka,” tutur beliau.

Barakallah. Sukses terus pelajar SMPIT Nur Hikmah….aamiin