Gali Eksplorasi Alam, SDIT Nur Hikmah gandeng Kampung Horta di Field Trip Kelas Atas!

Kreatifitas dan Eklporasi Siswa dalam Field Trip Virtual

“Bombastis dan Petjaaaahhh….”

Itulah keseruan yang tergambar dari kegiatan Field Trip kelas atas hari ini. Dengan menggandeng Kampung Horta Bogor sebagai vendor yang memandu para siswa kelas atas untuk ekplorasi alam, betul – betul sangat dinikmati oleh siswa kelas 4 – 6 yang berjumlah sebanyak 380 siswa ini. Field Trip yang dilakukan secara virtual ini tidak kalah seru dengan yang biasa mereka lakukan secara offline. Karena dengan kondisi virtual pun, mereka tidak hanya mendengarkan semata, tetapi mereka juga turut berkreasi dan bereksplorasi dengan bahan yang telah disediakan oleh Kampung Horta.

Dengan durasi yang disajikan selama hampir kurang lebih 3 jam, membuat para siswa tidak sama sekali merasa jenuh dan bosan berlama – lama berada di depan layar. Dipandu oleh duet MC yang cetar, yaitu Ust Eva dan Ust Fattah membuat acara field trip kali ini berasa lebih hidup. Terasa sekali antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan kali ini. Sebagai kegiatan pembuka, MC memandu acara ini dengan Murojaah bersama, dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Nur Hikmah, kemudian dirangkai dengan sambutak Kepala Sekolah dan acara puncaknya yaitu berkreasi bersama dengan kakak mentor Kak Al dan Kak Lina dari Kampung Horta.

Salahsatu materi eksplorasi alam “Ecoprint dari daun”

Ada 3 jenis kreasi yang disajikan dalam field trip kali ini, yaitu Ecoprint, Membuat Cincau dan Membuat Terarium. Apa sich Ecoprint itu? Sobat SDIT Nur Hikmah ada yang tahu tidak..??

Yaa.. Ecoprint adalah salah satu cara untuk menampilkan warna yang dikandung oleh bahan tumbuhan secara lansgung pada permukaan kain, tanpa zat kimia lho Sobat. Nah, dengan dibekali tas kain yang masih polos, palu, plastik, tawas dan 3 helai daun yang berbeda, mereka langsung eksekusi dan hasilnya, taraaaaaa, sangat memuaskan lho Sobat…

Adapun barang – barang yang digunakan oleh para siswa, sudah didistribusikan oleh para wali kelas 2 hari sebelum pelaksanaan, sehingga mereka bisa dengan serunya berkreasi pada hari H ini. Mulai dari daun cincau dan perlengkapannya, pohon kaktus, pasir, gelas dan kelengkapan lain juga tersaji dalam goodybag.

Produk Ecoprint dari salah satu siswa

Tentunya dengan filed trip kali ini akan memberikan pengalaman yang menarik dan pembelajaran yang bermakna untuk seluruh siswa. Dan dari sini pun, mereka jadi lebih tahu bahwa bahan – bahan yang disediakan dari alam bisa dimanfaatkan sedemikan rupa untuk sebuah kreasi dan kreatifitas serta yang tidak kalah penting, mereka diajak untuk sennatiasa menjaga dan menghargai pemberian Allah melalui segala ciptaanNya.

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat