2 Pelajar SMPIT Nur Hikmah, bicara di Forum IMUN PBB di India

Rabu, 27 Oktober 2021. Baru – baru ini, beberapa siswa – siswi kelas 9 SMPIT Nur Hikmah Bekasi turut ambil bagian dalam Event Internasional yang bertajuk IMUN, Apa itu IMUN?? yap, benar sekali, IMUN adalah International Model United Nations, sebuah kegiatan akademik dimana pelajar akan mendapat pendidikan simulasi dan belajar tentang diplomasi, hubungan internasional dan PBB. Kegiatan ini membekali pelajar untuk menyuarakan pendapat di depan publik, melibatkan pelajar untuk berpikir kritis serta kepemimpinan dalam tim diskusi. Pelajar atau biasa yang disebut Delegasi akan ditempatkan sebagai perwakilan negara guna membahas tujuan PBB atau Sustainable Development Goals.

afirmasi dalam pelaksanaan IMUN India

Ustadz Affandi selaku Person In Charger dalam kegiatan IMUN ini mengatakan “ kesiapan dalam forum ini kita tidak terlalu khawatir karena memang siswa siswi kita sudah cukup bisa dalam kemampuan berbahasa asing, apalagi Farel dan Annisa ini adalah pelajar pilihan yang memang kita siapkan sejak awal untuk berbagai ajang, sejatinya kita ingin melibatkan lebih banyak pelajar dalam forum ini, tapi kepanitiaan membatasi dalam forum ini cukup 2 dari masing-masing negara delegator” tutur beliau.

Farel dan Annisa dalam forum IMUN dengan berbagai negara

Farel Farras Hilmy dan Annisa Dhiandra Charis, mereka adalah nama pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut yang diselenggarakan oleh negara India melalui sistem Online. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari. Farel masuk dalam forum UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) dan menjadi delegasi negara Angola yang fokus tentang perlindungan dan penyelesaian masalah pengungsian karena konflik atau kondisi perang. Sedangkan Annisa masuk dalam forum UNDP (United Nations Development Programme) dan menjadi delegasi negara “Gabon” yang fokus membahas No Poverty and Zero Hunger, bagaimana negara negara PBB bisa mengentaskan masalah kelaparan dan kemiskinan.

Sharing bersama dengan rekan rekan sekolah dilakukan oleh Farel

Farrel dalam kesempatan sharing bersama rekan – rekannya di SMPIT Nur Hikmah setelah mengikuti forum ini mengatakan,” jelas sekali, forum ini selain membantu kita agar lebih berani menguji kemampuan berbahasa inggris, karena hanya itu media satu-satunya yang memungkinkan kita untuk menyampaikan pikiran tapi forum ini juga membantu kita bagaimana sejatinya pelaksanaan sidang di PBB itu sejatinya, mungkin yang kita ikuti semodel Virtual, tapi kedepan kita berharap ini bisa di adakan secara offline” lanjut Farel

Annisa dan farel

Ustadz Agusriwarman, Selaku Kepala SMPIT Nur Hikmah menuturkan “kegiatan ini adalah bentuk sarana sekolah dalam memfasilitasi para pelajar untuk meningkatkan kualitas mereka, dimana sebagian besar peserta dalam event ini adalah mahasiswa. Namun, SMPIT ingin melakukan percepatan perbaikan mutu dan kualitas sekolah melalui salah satunya program IMUN ini. Dengan menunjukkan dunia internasional kepada siswa, harapan sekolah ingin melihat siswa – siswi bertumbuh dengan wawasan global dan memiliki integritas serta kualitas sebagai pemimpin masa depan” tutur beliau bangga.

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat