Viraal, Menanam dengan media Hydrophonik di SMPIT Nur Hikmah

Selasa, 28 November 2021, SMPIT Nur Hikmah mengadakan agenda menanam dengan media Hydrophonik bagi seluruh jenjang kelas 7, kegiatan ini masuk dalam rangkaian yang sudah baku dalam pembahasan agenda kegiatan pasca PTS melalui rapat kerja tahunan dan juga bagian dari pembekalan hardskill siswa dimasa depan.

Ustadz Haryanto sedang menjalaskan bagaiman hasil tanaman dengan usia 3 minggu

Seperti yang sudah jamak diketahui, semasa Pandemi, model menanam dengan media Hydrophonik ini menjadi viral, selain sebagai kesibukan tambahan bagi orangtua dan mahasiswa dimasa WFH, ternyata kegiatan ini juga menjadi wadah untuk bisa memenuhi kebutuhan sayur mayur dirumah tangga, selain memang tak membutuhkan tanah, menanam dengan Hydrophonik ini jauh lebih simple dan juga hasilnya jauh lebih sehat.

salah satu bentuk setelah ditanam dalam 4 hari

Dalam sambutannya, Ustadz Agusriwarman selaku kepala SMPIT Nur Hikmah menuturkan bahwa apa-apa yang dikerjakan oleh pelajar kelas 7 ini, bukanlah kegiatan pasca PTS semata, ini adalah bekal dimasa depan yang bisa jadi menjadi jalan hidup bagi sebagian manusia bahkan pilihan, dan beliau juga berharap agar seluruh siswa dapat dengan konsisten mengamati dan merawat hasil tanaman sampai menjadi sayur yang bisa dikonsumsi, karena proses ini menjadi value tersendiri bagi kalian nantinya. “Detail-detail merawat sampai menjadi sayur ini kan ada kenikmatan tersendiri lho,” tutur beliau kepada siswa di forum Zoom.

Proses penanaman sudah mulai bertumbuh, yesss…

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, dipandu langsung oleh Ustadz Haryanto, S.Sos. salah seorang guru Nur Hikmah yang juga memang memiliki hobby dan bergelut didalam bidang menanam dengan media Hydrophonik. Dalam pemaparan beliau menuturkan “berbagai macam menanam dengan media hidrophonik, semisal sistem Drip, model EBB dan Flow, deep water Culture dan juga wick sistem. Dalam pemaparan juga menjelaskan detail dan teknik bagaimana agar tanaman bisa sukses dan disemai.” Siswa tampak semangat dan fokus mengamati, terlihat beberapa siswa menulis apa apa yang disampaikan pembicara didalam forum Zoom. Masyaa Allah.

Anezka salah satu siswa SMPIT Nh yang juga menjadi MC diacara ini

Sebelum kegiatan ini berlangsung dan peralatan menanam dengan media Hydrophonik sampai ketangan siswa, SMPIT Nur Hikmah dua hari sebelumnya sudah mengkondisikan melalui wakil kepala kesiswaan Ustadz Fanani untuk dilakukan penjemputan disekolah, “banyak kesiapan sebenarnya Karena detail detail properti menanam Hydrophonik ini perlu dikemas agar tak rusak dan juga terjatuh ketika pengambilan, Alhamdulillah semua dapat sampai ditangan anak anak dengan baik,” tutur ustadz Fanani.

Bentuk panduan LKS siswa yang dijelaskan oleh ustadzah Resta

Barakallah. Yuk menanam, kali saja kita jadi petani sukses yang bisa membantu ketahanan pangan Nasional….aamiin

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat