KBTK, SDIT, SMPIT Nur Hikmah bersiap Sambut Ramadhan

Jumat 09 April 2021, Masing masing unit di Lembaga Pendidikan Islam Nur Hikmah mulai mengirimkan aroma Ramadhan kerumah masing – masing siswa melalui berbagai kegiatan yang dikemas dengan Tema Tahrib Ramadhan. Kegiatan tarhib ini demikian banyak variannya mulai dari parade dijalan raya, kegiatan lomba demi lomba dan juga kajian Tarhib dan zakat. Hanya karena kondisi pandemi global, akhirnya sekolah menentukan beberapa skala prioritas dalam pelaksanaannya.

kegiatan membuat lentera Ramadhan di KB-TK Nur Hikmah

Ustadzah Rahayu Kusumastuti, S.Pd. selaku Direktur LPI Nur Hikmah mengatakan” Ramadhan memiliki tempat tersendiri di hati Nur Hikmah, karena memang kami memiliki kurikulum untuk Ramadhan ini dengan nama besar Pondok Ramadhan, kali ini semua kegiatan diadakan secara virtual dan sedapat mungkin tak mengurangi esensi target dalam pembentukan karakter siswa, semisal Qiamul lail, khataman Qur’an sampai pada pengetahuan tentang zakat.

Pembukaan Tarhib Ramadhan di SDIT Nur Hikmah

Kegitan di Unit KB,TK sendiri pada Tarhib Ramadhan ini dimulai dengan membuat lampion/lentera Ramadhan, belajar puasa dengan Ody ( boneka seru yang bisa bicara ). Ustadzah Dewi Asnimart selaku penanggung jawab kegiatan Ramadhan tahun ini mengatakan bahwa tujuan kegiatan Tarhib ini, kami ingin mengirimkan pesan semangat kepada teman – teman kecil untuk mulai belajar berpuasa, Inshaa Allah kegiatan demi kegiatan nanti di Ramadhan akan membantu mereka tetap semangat dalam hari hari di ramadhan, lanjut beliau.

Kajian Tarhib Ramadhan di SMPIT Nur Hikmah oleh Ustadz Asrori, S.Pd,I

Sedangkan di SDIT Nur Hikmah, Ustadzah Icha Nur Azizah, S.Pd.I selaku penanggung jawab kegiatan melalui ponsel mengatakan ” tarhib di Jumat kemarin kita melakukan dua kegiatan yaitu tausyiah tarhib Ramdhan yang dikemas melalui dongeng oleh ustadzah Windi, dan fun Cooking dengan membuat menu ta’jil es buah untuk kelas bawah dan es bola – bola coklat untuk kelas atas. Salah satu siswa kelas 1 Umar Bin Khattab sangat senang dengan kegiatan ini, “seru, katanya bisa belajar membuat ES buah, disamping itu aku ditemani Ummi”.

kegiatan Fun Cooking di SDIT Nur Hikmah

Adapun untuk SMPIT Nur Hikmah pada Jumat kemarin, mengadakan Kajian Tarhib Ramadhan yang langsung di isi oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ustadz Asrori, S.Pd.I dengan tema 7 kiat sukses Ramadhan, disini beliau menjabarkan yaitu

  1. Niat ikhlas dan banyak doa/istighfar
  2. Mengetahui keutamaan bulan Ramadhan dan puasa
  3. Memahami fiqih puasa
  4. Membuat planing dan terget yg jelas
  5. Mengetahui ibadah2 di bln Ramadhan dan prioritas nya
  6. Mengkhatamkan al Qur’an
  7. Menjahui hal2 yg menghilangkan/mengurangi pahala puasa.

Dalam paparannya, beliau lebih konsen pada penggunaan gadget yang berlebihan membuat waktu ramadhan akan terbuang percuma.

Sesi Sharing bersama Ustadz KH. Dr. Mulyadi Effendi, MA di kajian tarhib

Adapun untuk dewan guru Nur Hikmah, diadakan kajian Tarhib Ramadhan yang di isi oleh Ustadz KH. Dr. Mulyadi Effendi, MA. Salah satu pengurus MUI, beliau menekankan tentang bagaimana Ramadhan mesti disambut gembira oleh tiap tiap manusia dimuka bumi, di kesempatan ini juga Yayasan LPI Nur Hikmah membagikan bingkisan Kurma dan juga bekal sembako berupa uang tunai untuk menyambut Ramadhan, Barakallah.

Kajian Tarhib Ramadhan oleh Ustadz KH. Dr. Mulyadi Effendi, MA

Kegiatan Tahrib Jumat kemarin adalah pembuka dari pondok Ramadhan di lingkungan LPI Nur Hikmah, tentu di ramadhan yang sebentar lagi, akan banyak kegiatan seru dan menarik. Terus kunjungi website Nur Hikmah ya…

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat