“Jalasah Ruhiyah,” Jadi Pintu Pembuka USA 2021 SMPIT Nur Hikmah.

Senin, 5 April 2021, SMPIT Nur Hikmah memulai agenda USA 2021, agenda yang demikian penting bagi SMPIT Nur Hikmah tersebab setelah UN ditiadakan, demi menjaga mutu pendidikan sekolah maka USA 2021 ini tetap dilakukan dengan referensi kisi – kisi langsung dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

salah satu twibbonize siswa sebagai bentuk semangat menuju USA 2021

Ustadzah Anik selaku salah satu wali kelas 9 SMPIT Nur Hikmah menuturkan, sebelum USA ini ada rangkaian agenda penting yang dilakukan oleh sekolah yaitu mulai dari Try Out yang cukup panjang dan juga Jalasah Ruhiyah, rangkaian kegiatan – kegiatan tersebut menjadi penting karena menang sejak awal berdiri SMPIT Nur Hikmah bukan saja mengejar target akademik ketika meluluskan siswa tapi lebih jauh kedalam yaitu ingin mencoba menegaskan kepada para pelajar bahwa semua ikhtiar kita tetap bermuara kepada kekuasaan Allah. Makanya Jalasah Ruhiyah menjadi sangat prioritas yang dilakukan sekolah jelang USA 2021.

Ketika ditanya apa sih Jalasah Ruhiyah itu, Ustadzah Anik menerangkan bahwa kegiatan ini adalah semacam bentuk muhasabah dan meningkatkan ruhiyah siswa jelang ujian nasional dengan berbagai kegiatan diantaranya : mabit, mendengar kajian, mengkhatamkan Qur’an, membaca Al Matsurat, duduk – duduk sambil mengingat ingat dosa dan bermusabah dan biasanya ini diadakan secara offline, hanya karena wabah pandemi akhirnya sekolah mengadakan secara Online dirumah masing – masing melalui aplikasi. Hal menariknya adalah seluruh siswa tetap semangat dalam menjalankan kegiatan ini, ” Ketika ditanya, kok kegiatan ini masih dilakukan, padahal sudahtak ada UN lagi ? Beliau menjawab ” Nur Hikmah memiliki kultur tersendiri dalam mengelola siswa – siswinya diujung kelulusan sehingga ada dan tak adanya UN, kami tetap pada model pembelajaran yang sudah baku dari tahun ke tahun.

Ustadz Ismedias dalam penyampaian kajian kepada pelajar SMPIT Nur Hikmah

Ustadz Asrori, selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yang sekaligus menggawangi kegiatan jalasah Ruhiyah menuturkan, ” mula – mula kegiatan diawali dengan jadwal teratur kepada siswa secara online, mulai dari target khataman Qur’an, Qiamul lail, shaum Sunnah, buka puasa bersama, sampai pada menjelang tidur, pada hari kedua kegiatan sudah mulai beragam, seperti adakan kajian keislaman secara online dari ustadz Isemeidas dan ragam lainnya, dalam kajian ustadz Ismeidas beliau menerangkan jika para pelajar ingin sukses maka yakinlah bahwa pertolongan itu dekat dan keyakinan itu tak datang tiba tiba kecuali kita terus melakukan muhasabah dan banyak banyak berdoa, pada kegiatan ini juga seluruh siswa diminta untuk berkomunikasi secara Japri kemasing – masing ustadz dan ustadzahnya untuk meminta maaf dan memohon keridhoan mereka dan tentunya kepada orangtua masing – masing dirumah

Suasana layar Virtual disaat mengikuti jalasah ruhiyah

Senin, 5 April 2021 pagi tadi. 60 siswa siap mengikuti kegiatan USA 2021 ini, sebelum memulai USA 2021, masing – masing kelas mendapatkan motivasi dari walikelasnya, menekankan demikian penting makna kejujuran dalam agenda USA ini, karena bagaimanapun, akhlak dan adab tentang jujur ini harus di junjung tinggi. Tampak pada layar monitor siswa mendengar demikian seksama.

Suasana layar Virtual disaat mengikuti jalasah ruhiyah

Nezar, salah satu siswa kelas 9 SMPIT Nur Hikmah menuturkan Alhamdulillah dalam Ujian hari perdana ini lancar, hampir semua soal soal terukur dan bisa diatasi karena walaupun belajar secara online setahun lebih, guru – guru memberi bekal yang cukup, semoga sampai tanggal 14 April nanti, semua dapat berjalan dengan lancar dan kami dapat Lulus dengan nilai terbaik,” lanjut Nezar.

Barakallah, tetap semangat teman – teman SMPIT Nur Hikmah…Aamiin

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat