“ketika mahkota cahaya terasa kian dekat,” SDIT Nur Hikmah Khotmul Qur’an

Sabtu, 3 April 2021, akhirnya yang sangat memorable ini bisa kembali diulang, sempat tertunda ditahun sebelumnya tersebab wabah Covid sedang tinggi – tingginya di Indonesia, tapi di tahun 2021, SDIT Nur Hikmah bersama UMMI Foundation mencoba mencari upaya agar kegiatan ini dapat terselenggara, karena pembelajaran Qur’an Metode UMMI ini demikian penting bagi sekolah dan orangtua SDIT Nur Hikmah. Akhirnya dengan izin pemerintah terkait, berkomunikasi dengan berbagai pihak, Alhamdulillah kegiatan Khataman dan Imtihan secara Offline dan Online ini dapat dilaksanakan dengan jumlah yang sesuai dengan protap Covid 19, Tutur Kepala SDIT Nur Hikmah, Ustadzah Nia Kurniawati, S.Pd.

Para Peserta Khataman dan Imtihan Al Quran Metode UMMI 2021

Khataman dan Imtihan ini dimulai dengan pembukaan oleh MC yang dipandu oleh ustadzah Neni dan ustadz Aji, memulai dengan basmallah dan melaksanakan prosesi pemanggilan  para peserta siswa Siswi Khataman dan Imtihan Quran 2021, segenap hadirin berdiri, beberapa orangtua sudah tak dapat menahan haru, langkah langkah kecil nan teratur mulai masuk ke Aula berkapasitas 400 orang itu, memang dari awal suasana syahdu sudah demikian terasa, ditambah pagi tadi sebelum agenda ini di mulai hujan baru saja reda.

Sambutan oleh Kepala SDIT Nur Hikmah, Ustadzah Nia Kurniawati, S.Pd.

Sambutan pertama dimulai langsung oleh Kepala SDIT Nur Hikmah Ustadzah Nia Kurniawati, S.Pd. dalam sambutan singkatnya beliau memaparkan bahwa kegiatan Khataman dan Imtihan tahun 2021 ini terjadi peningkatan jumlah dan Juz oleh para peserta, mulai dari Juz 30, 29, 28, 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Adapun jumlah siswa yang berpatisipasi total dalam kegiatan kali ini berjumlah 180 siswa yang terdiri dari berbagai kategori Juz ( terlampir )

Syasa adalah salah satu peserta termuda yang mampu menjawab seluruh penanya dalam uji publik

“Peningkatan hafalan para siswa ditengah Pandemi demikian kita apresiasi, mengingat keberadaan guru yang berjarak dengan siswa, tentulah orangtua dalam hal ini turut peran serta dalam pengawalan, untuk itu kami SDIT Nur Hikmah mengucapkan Jazakumullah kepada seluruh orangtua siswa” lanjut Ustadzah Nia.

Sambutan Ketua Yayasan Nur Hikmah, Bapak M. Anis Baswedan, S.Pd.

Pada kegaitan Khataman dan Imtihan 2021 yang diadakan secara offline dan online ini, kami membagi anak – anak yang tampil secara offline sebanyak 20 siswa yang didampingi oleh salah satu orangtua di Aula utama Nur Hikmah, biasanya Aula ini menampung hampir 400 tamu undangan, tapi untuk menjaga agar semua sesuai protap Covid, sekolah mencoba mengambil jalan yang terbaik sehingga selebihnya mengikuti secara Daring melalui aplikasi, lanjut Ustadzah Nia.

Sambutan oleh Ketua DPRD Kota Bekasi, Bapak Choiroman J Putro B. Eng, M.Si.

Dalam rangkaian kegiatan ini, turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bekasi, Bapak Choiroman J Putro B. Eng, M.Si. dalam sambutannya beliau demikian bangga dengan kehadiran Nur Hikmah sebagai Lembaga Pendidikan yang memiliki denyut nadi Al Qur’an, dan berharap semoga akan terlahir pemimpin pemimpin terbaik dari sekolah ini, “bagaimana tidak” tutur beliau, “kalau di usia SD ini mereka dekat dengan Qur’an, tentulah ketika mereka diusia dewasa akan menjadi insan – insan inspiratif yang mampu menjadi pemusar gelombang dan menjadi energi pengubah kearah yang lebih baik,” lanjut beliau dalam sambutannya.

Persembahan para peserta untuk ayah bunda

Acara inti kegiatan ini adalah uji publik yang langsung dipandu secara virtual oleh Manager Penjamin Mutu UMMI Pusat di Surabaya dan secara langsung oleh Ustadz Masturi selaku Duta UMMI daerah yang datang ke Aula Nur Hikmah, satu persatu siswa menjawab pertanyaan orangtua, penguji ataupun dari guru mereka sendiri, Sasya salah satu peserta termuda tahun ini adalah peserta yang cukup banyak mendapat pertanyaan dan dapat mengakhiri pertanyaan pertanyaan dengan senyum, Sasya berhasil !

Penyerahan hadiah kepada peserta terbaik di tahun 2021

Azzura, sebagai juarawan MTQ tingkat Propinsi Jawa Barat 2020, ikut dalam kegiatan uji publik ini juga, dan sudah mencapai hafalan juz 6, tidak hanya diuji, Azzura juga mampu menampilkan persembahan bersama teman – teman wisuda untuk orangtua dan sebuah puisi yang memecah suasana kembali haru.

Puncak acara ini adalah ketika deting nada nasyid mengantarkan langkah – langkah kecil para hufaz menuju pelukan orangtua mereka, bait demi bait syair dilantunkan oleh Ustadz Ahmad Yusuf MS. Tumpah sudah airmata, demikian erat pelukan, seiring melangitnya do’a – do’a. Tak terkira harapan di negeri akhirat, melihat wajah lugu yang akan mengantarkan makhota cahaya.

Dalam dekapan doa bunda.

Sambutan terakhir disampaikan langsung oleh Direktur UMMI Foundation yaitu ustadz Masruri, tak banyak yang dapat beliau sampaikan tapi beberapa bait kalimat mengingatkan kami para guru tentang perjuangan dan harapan bunda Alia Munabari untuk membumikan Al Qur’an di Bekasi, dan diujung sambutan beliau mendoakan semoga apa apa yang tersaji di Aula ini menjadi amal pahala bagi Bunda Alia.

Penyerahan Sertifikat kepada peserta oleh Koordinator Qur’an SDIT Nur Hikmah

Ustadz Tarmidzi, Selaku Koordinator Qur’an SDIT Nur Hikmah dalam wawancara bersama Humas Nur Hikmah menuturkan ” Alhamdulillah kita sangat bersyukur dengan berjalan lancarnya kegiatan ini, tentu ada rasa “deg – degan” bagaimana tidak, ini adalah perdana, dan dihadiri oleh banyak Tokoh, Mulai dari Ketua Yayasan Nur Hikmah, M. Anis Baswedan, Ketua DPRD Kota Bekasi, Dan juga Pak H. Kardi selaku Lurah Pondok Melati, Sekali lagi Alhamdulillah di sesi tanya jawab juga, anak anak tadi terlihat dengan percaya diri, suara lantang dan demikian mengharukan,” lanjut beliau yang sesekali terlihat mengusap air matanya.

TIm IT SDIT Nur Hikmah yang demikian rapi dalam pengelolaan Jaringan Online

Beliau melanjutkan “tentu keberhasilan kegiatan ini didukung demikian rapi oleh TIM IT Unit SD Nur Hikmah yang di gawangi oleh Ustadz Yusron, Ustadz Hendri, Ustadz Aditya dan ustadz Arif R. Kendala kendala Teknis yang sempat kita khawatirkan, Alhamdulillah dapat diukur sehingga kegiatan khataman dan Imtihan ini nyaris berjalan demikian tenang khidmat dan kita dapat mendeliveri suasana di aula dirumah masing masing orangtua.”

Ketika makhota cahaya kian dekat

Barakallah, sabtu ini demikian indah, bukan hanya di Aula Nur Hikmah, tapi juga dilangit sejarah Nusantara. semoga sukses teman teman Nur Hikmah…aamiin

Lampiran

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat