SMPIT Nur Hikmah, lakukan kunjungan Virtual ke Laboratorium Kultur jaringan LIPI

25 Januari 2021, SMPIT Nur Hikmah Mengadakan kegiatan kunjungan Virtual ke Laboratorium Kultur jaringan Pusat Penelitian konservasi Tumbuhan di kebun raya Bogor, sejatinya kegiatan ini terencana dalam rapat kerja semester secara offline atau mengadakan kunjungan langsung ke lokasi, tapi kondisi Pandemi global yang merambah nyaris ke seluruh 100 persen sendi sendi kehidupan membuat sektor pendidikan di SMPIT Nur Hikmah mengambil opsi online dalam hal ini.

Suasana Room belajar Online

Kegiatan ini dimulai dari pukul 8.00 dan berakhir di pukul 10.00 Wib yang diikuti oleh seluruh kelas 9 SMPIT Nur Hikmah tersebab materi pelajaran pada bidang pelajaran IPA memiliki korelasi tentang struktur jaringan, Tutur ustadz Fattah selaku kepala SMPIT Nur Hikmah, dalam kesempatan yang sama disambutan pembuka, beliau juga menuturkan bahwa Pandemi bukan menjadi penghalang bagi pelajar SMPIT Nur Hikmah belajar, ini dibuktikan dengan berlangsungnya kegiatan ke kegiatan yang ada di SMPIT Nur Hikmah.

antusias pelajar dalam mengikuti pelajaran

Afifah selaku siswi kelas 9 Mariah Al Qibtyah, melalui ponsel ketika dihubungi menuturkan” kegiatan ini sangat membantu kami dalam belajar pada bab Bioteknologi dan sedikit menyinggung tentang Kultur Jaringan (perkembangbiakan menggunakan salah satu bagian tumbuhan, dengan proses aseptik dan menjadi tumbuhan utuh yang sama).

Bentuk kunjungan Virtual

Pertama ditayangkan video singkat mengenai kultur jaringan yang dilakukan di LIPI, bagaimana proses persiapan media tanamnya, proses pembersihan eksplan atau bagian tanaman yang akan dikultur, proses sterilisasi sampai packing beberapa tanaman untuk upaya komersialisasi (sebagai edukasi kepada masyarakat).

Selanjutnya penjelasan lebih detail tentang proses Kultur Jaringan ini oleh Ibu Yupi Isnaini M.Si. kegiatan ini menjadi tambah menarik karena penjelasan yang mudah dipahami dan contoh gambar yang setiap proses mendukung. Lanjut Afifah ketika membincang kegiatan ini melalui ponsel.

salah satu jenis tumbuhan yang menjadi bahan ajar di observasi

Diujung kegiatan sesi tanya jawab menjadi sangat dinamis karena antusias pelajar dalam kegiatan ini dan diujung kegiatan ditutup dengan doa oleh ustadz Asrori selaku wakil bidang kesiswaan dan berharap semoga Pandemi ini segera berakhir sehingga pemaknaan belajar baik akademis dan pendidikan karakter dapat tiba dengan baik bagi anak anak bangsa…aamiin

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat