SDIT Nur Hikmah, tetap ke Kampung Horta belajar !!!

SDIT Nur Hikmah, Kamis di 12 November 2020 mengadakan kunjungan edukasi secara Virtual ke Kampung Horta. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan langsung mengunjungi kampung Horta di kota Bogor. Ada banyak ragam kegiatan yang dilakukan oleh pelajar Nur Hikmah ketika melakukan kunjungan edukasi disini diantaranya : pelatihan pembuatan boneka Horta, pelatihan teknik dasar menyablon, pelatihan pembuatan telur asin, pelatihan pembuatan terarium, pelatihan daur ulang kertas, pelatihan pembuatan minuman cincau dan pengenalan tanaman obat, pengenalan ekosistem sawah, cara menanam padi disawah dan games seru di sawah seperti lomba menangkap bebek, lomba menangkap ikan dan lomba memindahkan belut.

Kak Al dalam salah satu praktek di Virtual Edukasi Nur Hikmah

Namun karena kondisi pandemic yang sampai saat ini belum mereda, maka SDIT Nur Hikmah mengadakannya secara virtual kunjungan edukasi ini, Ustadzah Tina selaku Wakil kepala sekolah kurikulum mengatakan, walaupun dengan kondisi seperti ini, kami tetap berusaha memindahkan pengalaman yang sejatinya dalam dilakukan dikampung horta dapat dilakukan dirumah siswa masing masing.

media praktek yang telah menjadi karya ditangan salah satu siswa Nur Hikmah

Ketika ditanya bagaimana caranya, ustadzah tina yang juga terlibat langsung kegiatan ini secara total mengatakan” kami mendatangkan semua perangkat praktek yang ada dibogor ke sekolah Nur Hikmah dan mengkondisikan agar barang barang yang sudah sampai di Nur Hikmah dijemput oleh orangtua siswa.” Tutur ustadzah Tina, beliau melanjutkan “ bahwa salah satu orangtua siswa yang berada di Banjarmasin – Kalimantan selatan pun, SDIT Nur Hikmah mengirimkan material tersebut kesana. Masyaa Allah.

Salah satu hasil karya siswa dalam praktek membuat boneka Horta

Ustadz Arif Rohman, selaku bagian panitia mengatakan, kegiatan ini dimulai dari pukul 07.45 – 10.00 wib yang di ikuti oleh jenjang kelas 4, 5 dan 6, total siswa yang mengikuti ini sejumlah 356 siswa. Beliau melanjutkan kegiatan ini dimulai dengan mengabsen seluruh siswa, doa pembuka, tilawah, sambutan kepala sekolah dan langsung workshop dipandu oleh Kak Al, Kak Panji dan Kak Desi dan Tim Horta

“ Kegiatan inti dari Kunjungan edukasi kali ini adalah membuat clay tanah liat, serta membuat boneka Horta sebagai media tanam. Dan yang menjadi pembeda tiap jenjang adalah kalau kelas 4 dan 5 dengan menggunakan media hydrogel. Sedangkan kelas 6 mendapat paket tambahan dengan membuat telur asin “ tutur ustadz Arif lebih lanjut.

Paket pembelajaran yang dikirimkan kerumah orangtua siswa dari kampung Horta

Azka, salah satu siswa kelas 4 Hufaizah terlihat semangat dalam membuat boneka horta, pun juga Tiara siswa kelas 4 hamzah, hal ini disebabkan kunjungan edukasi ini tak hanya mendengarkan tapi karena mereka langsung bisa praktek dirumah. Ustadzah Nia selaku Kepala SDIT Nur Hikmah berharap agar kegiatan ini bisa membuat siswa lebih tahu media menanam dan juga mendapatkan pengalaman baru dikelas masing masing. Barakallah.

Sukses terus SDIT Nur Hikmah…aamiin

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat