KB-TK Nur Hikmah Memanen bayam dimedia Hidroponik

salah satu siswa KB-TK terlihat bersiap memanen

Kamis 27 Februari, seluruh pelajar KB-TK Nur Hikmah berkumpul di aula Utama sekolah. Duduk dan berbaris rapi sambil bernyanyi bersama setelah murojaah yang dipimpin oleh Ustadzah Habibah. “pagi ini adalah hari memanen tanaman kangkung dan bayam setelah hampir 2 bulan kita menunggu,” seru ustadzah Sela selaku penanggung jawab dalam penutupan tema Menanam. Anak bersorak, sebagian melompat, sebagian lagi tiba tiba beranjak dari barisan dan berlari lari menggitari temannya karena gembira.

Ustadzah Ela dalam pesan singkat menyampaikan “kegiatan menanam kali ini, seperti diawal kami sampaikan mengunakan media hidroponik karena lagi tren, ditambah lagi cara hidroponik ini sama sekali tak membutuhkan tanah dan tempat yang luas, bahkan kita dapat menggantung tanaman ditembok sekolah. Pada prinsipnya kami ingin terus berinovasi dalam mentransfer pengetahuan kepada anak anak KB-TK Nur Hikmah,”

antrian memanen oleh para siswa – siswi KB-TK Nur Hikmah

“Dalam memanen tanaman kangkung dan bayam nanti, kita tidak mengambil semuanya, cukup dengan memotong beberapa senti diatas air agar benih bayam dan kangkung dapat tumbuh kembali dan kita dapat terus menikmati pertumbuhan bayam sambil belajar.” tutur ustadzah Sela ketika mendampingi anak – anak dalam memotong tanaman.

Setelah memanen ini, semua anak – anak ikut turut membasuh bayam dan kangkung bahkan juga turut serta membantu ustadzahnya memasak, wah kereen. Ustadzah Desi menyampaikan ” kegiatan penutupan tema Menanam ini juga di iringi dengan Funcooking, jadi mekanismenya apa yang sudah ditanam oleh anak anak dapat langsung di Nikmati.”

Pada sesi penutupan ustadzah sela berpesan kepada seluruh pelajar dengan lembut, beliau menyampaikan ” kita telah menanam 40 hari lalu, kemudian menunggu cukup lama sehingga bayam tumbuh dengan baik. Maka dari itu, makanlah makanan dengan baik, habiskan dan tak boleh bersisa, karena  menumbuhkan tanaman demikian lama, kalau kita menghabiskan makanan, itu adalah tanda manusia bersyukur” …masyaa Allah…

hasil panen langsung di masak oleh ustadzah dan para pelajar

Keindahan penyampaian materi di KB-TK nur Hikmah begitu terasa, anak – anak begitu meresapi pesan yang disampaikan ustadzah Sela. Semoga hal baik ini, dapat menjadi karakter baik sampai dewasa…aamiiin

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat