SUPERCAMP NH12 – Memanggil insting kepemimpinan

Supercamp

Supercamp adalah sebuah program kurikulum SDIT Nur Hikmah yang khusus berada di jenjang kelas 6 saja. Supercamp adalah salah satu kegiatan outing kelas yang menggunakan alam bebas sebagai latar setiap kegiatannya. Pada saat Supercamp siswa-siswi diharuskan untuk mandiri mempersiapkan perbekalan dan perlengkapan yang harus dibawa. Tempat yang dipilih untuk kegiatan ini biasanya jauh dari sekolah dan rumah mereka. Hal ini bertujuan agar mereka terbiasa mandiri dan bertanggung jawab atas diri mereka dan barang bawaan mereka sendiri. Kegiatan yang dilakukan setahun sekali ini di design untuk memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar kepemimpinan kepada siswa-siswi jenjang akhir. Selain itu kegiatan ini juga dirancang untuk menumbuhkan sikap kepemimpinan pada diri siswa-siswi sejak dini. Diharapkan ketika mereka keluar dari sekolah ini mereka memiliki jiwa kepemimpinan seperti mandiri, tanggung jawab, percaya diri, dan tangguh.

Supercamp NH – 12

Supercamp tahun ini kami beri tema “memanggil insting kepemimpinan” yang  dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu tanggal 18 – 19 Oktober 2019. Pada tahun ini kegiatan supercamp dilaksanakan di Villa Ujung Rimba Camp Puncak – Bogor yang memiliki keunggulan landscape yang baik untuk menunjang seluruh kegiatan. Fasilitas yang terdapat di dalamnya dirasa cukup baik mulai dari kamar, aula hingga halaman dan taman yang digunakan untuk kegiatan.  Peserta Supercamp diikuti oleh jenjang kelas 6 angkatan ke-12 yang berjumlah 115 orang siswa dan didamping oleh 20 guru pendamping yang siap siaga mendampingi mereka di setiap kegiatan demi tercapainya tujuan-tujuan kegiatan dan memberikan keamanan serta kenyaman pada saat kegiatan berlangsung.

Kegiatan dimulai dengan briefing kegiatan oleh Kepala Sekolah di depan aula SDIT Nur Hikmah. Segala bentuk pembakaran semangat dan bekal bekal sikap diberikan oleh Kepala Sekolah kepada siswa-siswa agar mereka selalu semangat dalam menjalani 2 hari kegiatan. Perjalanan ke tempat tujuan begitu lancar seolah membuka karpet merah bagi generasi muda pemimpin bangsa yang akan di gembleng di kawah candradimuka. Kegiatan diawali dengan sosialisasi undang-undang (peraturan) Supercamp yang harus diketahui dan ditaati oleh seluruh peserta. Materi kepemimpinan yang diberikan oleh Ustadz Agusriwarman dari Kepala Bagian Humas Nur Hikmah dengan menjadi teori dan pengetahuan pembuka bagi dasar-dasar kepemimpinan. Kegiatan lapangan seperti lomba futsal dan menimati alam menjadi kegiatan yang mengasyikan selepas shalat Ashar. Selepas Istirahat Shalat Isya dan makan, mereka berkumpul di aula untuk berdiskusi mengenai hal-hal milenal. Diskusi ini ditujukan untuk menumbuhkan sikap percaya diri, kritis, dan berani mengemukakan pendapat.

Qiamulail dan Muhasabah mengawali kegiatan hari kedua. Berolah raga senam sebelum sarapan hingga outbond di alam terbuka mengisi kegiatan hari kedua yang cukup padat dan melelahkan namun berjalan semangat dan penuh keceriaan. Kegiatan ditutup dengan evaluasi, kesimpulan acara, dan pembacaan kelompok terbaik.

Siswa-siswi terlihat sangat antusias dan bersemangat menjalani setiap kegiatan yang dirancang panitia. Tak terlihat raut kelelahan pada wajah mereka walaupun kegiatan yang mereka lakukan cukup padat. Kegiatan demi kegiatan dijalani dengan semangat dan penuh perhatian. Tak sedikit dari mereka yang mengeluh agar waktunya dilebihkan sedikit lagi agar mereka bisa lebih lama bersama di kegiatan ini.

Insting kepemimpinan

Manusia diciptakan Allah ke alam semesta ini untuk memimpin. Memimpin apa yang ada di Bumi. Menjaga keseimbangan alam, memimpin penuh dengan kebijaksanaan. Jadi pada hakikatnya manusia telah memiliki gen kepemimpinan yang telah ada di dalam dirinya semenjak dilahirkan ke alam dunia. Seperti firman Allah dalam surat Al Baqarah yang artinya “Dan ketika Tuhanmu berkata kepada para malaikat : sesungguhnya aku akan menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi….”. Ini berarti bukti penegasan dari Allah bahwa manusia diciptakan sebagai pemimpin atau khalifah fil ardi.

Tapi yang menjadi permasalahan adalah dengan segala kekurangan, kesibukan dan keindahan duniawi, sifat dasar kepemimpinan manusia mengalami degradasi. Bahkan banyak yang hilang seiring dengan terpuruknya demoralisasi akhlak manusia.

Oleh karena itu kami selaku praktisi pendidikan merasa perlu dan menganggap ini masalah yang harus diatasi. Dengan program semacam ini insyaallah kami berusaha recall leadership insting atau memanggil dan merangsang insting kepemimpinan yang sejatinya Allah telah anugrahkan kepada seluruh manusia. Rasulullah bersabda yang artinya “setiap kalian adalah penggembala (pemimpin) dan setiap kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang kalian pimpin…”.

Kesimpulan penutup

Kami berharap dengan kegiatan Supercamp ini seluruh siswa-siswi kami mampu menjadi pemimpin masa depan. Mudah-mudahan di kemudian hari lewat sekolah dan kegiatan-kegiatan semacam ini, akan lahir generasi pemimpin yang terbaik yang cinta dan dicintai Allah dan Rasulnya. Seorang pendidik ulung berkata “jika kita ingin melihat masa depan peradaban suatu bangsa, lihatlah ruang-ruang kelas kita saat ini”. ∎ HK11

Oleh: Hendri Kurniawan

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat