PELATIHAN EFFECTIVE TEACHING NUR HIKMAH

Sabtu 14 September 2019, Guru – guru Nur Hikmah terlihat antusias dalam antrian di aula Utama LPI Nur Hikmah, keadaan ini disebabkan oleh hampir 50 guru mengikuti pelatihan Effective Teaching internal yang di gagas oleh Kepala bagian SDM, ustadzah Siti Badriyah. Kegiatan ini telah di desain 3 Minggu sebelumnya, agar bisa menyesuaikan dengan jadwal guru di unit masing – masing sehingga pelatihan dapat terlaksana dengan optimal.

Dalam sambutannya, Ustadzah Ibad selaku ketua pantia menyampaikan, kegiatan ini adalah kali pertama dilakukan secara Internal, biasanya pelatihan – pelatihan serupa dilakukan mengundang trainer dari ekternal. Tapi fokus SDM adalah mengembangkan talenta guru – guru yang sudah terbina agar bisa menjadi tutor sebaya dalam ruang akademik, tuturnya beliau.

Dikesempatan yang sama ustadzah Ibad juga menyampaikan bahwa pelatihan ini juga untuk terus meng up grade skill guru – guru Nur Hikmah dalam pengelolaan kelas dan juga meningkatkan interaksi guru – siswa sehingga dapat terbangun suasana nyaman diruang kelas.

Dalam pelatihan effective teaching perdana ini, di isi langsung oleh Ustadzah Rahayu Kusumastuti dan Ustadz Agusriwarman, yang di ikuti oleh 50 Dewan guru. Pelatihan berjalan selama 8 jam, yaitu mulai dari pukul 8.30 sampai pukul 15.30. walau pelatihan berjalan cukup panjang, kegiatan ini begitu terasa sebentar, karena memang pelatihan Effective teaching lebih banyak praktek. Mulai dari Apersepsi, membangun minat, membangun partsipasi siswa, membangun makna belajar dan komunikasi Non Verbal serta Refleksi pembelajaran.

Ustadz Fattah selaku master Ice Breaker mengatakan, kegiatan ini perlu terus dikembangkan, bukan saja untuk pengoptimalkan skill guru mengajar tapi juga membuat kita para guru lama bisa mengingat kembali nilai – nilai luhur yang dulu menjadi budaya utama Nur Hikmah, seperti evaluasi pagi, breakfast soal dan juga evaluasi sore. Ditempat berbeda ustadz marzuki selaku MC acara juga menekankan kesempatan ini guna juga mempererat ukhuwah Islamiyyah antar guru – guru LPI Nur Hikmah yang dalam rutinitasnya memiliki kesibukan cukup tinggi.

Dalam lingkup pelatihan 8 jam, dengan jumlah 50 guru, dibagi menjadi 6 kelompok, yang tiap kelompok digabung antar Unit sehingga para guru juga bisa sharing pengalaman masing masing. Ustadzah ayu selaku Direktur LPI Nur Hikmah dan sekaligus master trainer juga mengatakan bahwa kegiatan serupa akan terus dilakukan dengan berbagai jenis pelatihan, seperti Sinergi Building, dan manajemen class Room dan lainnya.

Diujung pelatihan jelang ashar, salah satu peserta bernama ustadz Rusdi menyampaikan dalam sesi pesan dan kesan, bahwa beliau sangat terharu dengan kegiatan ini, ini adalah pengalaman perdana bagi beliau mengikuti pelatihan yang sedinamis ini. Beliau menutup kesannya dengan harapan agar dipelatihan selanjutnya dapat di ikutkan kembali.

Dalam sesi pelatihan Refleksi pembelajaran yang disampaikan ustadz Agus, beliau menekankan agar masing masing guru dapat membekali dirinya sebelum masuk ruang kelas dengan cerita menarik dan islami, karena sampai saat ini,  belum ada yang dapat mengalahkan metode cerita dalam merebut perhatian siswa diujung menutup pembelajaran, bahkan Al Qur’an pun hampir separuh isinya adalah kisah kisah.

Acara ditutup dengan pemilihan peserta terbaik, dan kali ini peserta terbaik adalah ustadzah Rifdah dari Unit KB – TK. Karena keaktifan dan kreatifitasnya selama pelatihan berlangsung. Diujung akhir pelatihan seluruh peserta berfoto bersama penuh keceriaan dan harapan agar esok Senin, kami bisa lebih baik….aamiin.

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat