Gelar Kreativitas dan Business Day (GKBD) 2019

Dalam rangka mengembangkan kemampuan siswa dalam berkarya seni dan juga membangun jiwa siswa dalam berwirausaha, SDIT Nur Hikmah mengadakan kegiatan Gelar Kreativitas dan Business Day pada Rabu, 13 Februari 2019. Kegiatan ini merupakan program sekolah setiap tahun dan diselenggarakan sesuai dengan Quality Assurances (QA) nomor 8 yang dimiliki SDIT Nur Hikmah, yaitu memiliki kecakapan hidup. Gelar Kreativitas dan Business Day tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini mengangkat tema dengan nuansa Islami.

Acara Gelar Kreativitas dan Business Day tersebut dilaksanakan di halaman SDIT Nur Hikmah sejak pagi hingga sore hari dan diikuti oleh seluruh peserta didik SDIT Nur Hikmah dari jenjang kelas 1 hingga jenjang kelas 5. Kepala Sekolah SDIT Nur Hikmah Ust. Siti Badriyah, S.Pt. dengan didampingi oleh para Wakil Kepala Sekolahnya membuka acara GKBD pukul 08.30 dengan sambutan dan pemotongan pita. Setelah sambutan acara dibuka oleh penampil pertama dimulai dari jenjang kelas 1. Setiap kelas tampil dengan menampilkan kreasi-kreasinya seperti tarian, menyanyi, drama, pembacaan puisi dan marawis. Semua penampilan yang dibawakan peserta didik bernuanasa Islami sesuai dengan tema GKBD tahun ini.

Sembari acara Gelar Kreativitas berjalan, di halaman sekolah kegiatan Business Day juga dilaksanakan. Business Day dilakukan oleh jenjang kelas 3 dan kelas 5. Setiap kelas memiliki toko dengan namanya masing-masing. Nama kelompok Business Day diangkat dari nama-nama negara dari Timur Tengah seperti Arab Saudi, Palestina, Pakistan dan lain-lain. Dengan semangat, setiap kelompok menghias tokonya semenarik mungkin yang nantinya menjadi penilaian oleh panitia. Peserta didik juga menjual barang-barang yang beranekaragam. Barang-barang yang dijual adalah makanan, minuman, produk kerajinan tangan, mainan dan ATK. Masing-masing kelompok dibimbing oleh guru-guru kelas. Keuntungan penjualan yang akan didapat anak-anak nantinya sebagian akan diberikan kepada anak-anak sebagai bentuk apresiasi dan sebagian ada yang diinfaqan. Kegiatan Business Day melatih anak-anak untuk menjadi pengusaha, mengatur keuangan, modal, keuntungan, promosi dan bekerjasama.

Setiap tahun, acara Gelar Kreativitas dan Business Day terbuka untuk orang tua murid, orang tua dan keluarga peserta didik diperbolehkan hadir untuk memberikan apresiasi kepada ananda. Beberapa orangtua peserta didik ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara GKBD. Anak-anak sangat antusias dan semangat pada kegiatan kali ini karena diakhir acara GKBD akan diumumkan pemenang dari setiap penampilan dan hasil penjualan per-jenjang.

Kategori pemenang untuk kegiatan Gelar Kreativitas dari mulai juara 1 hingga 5 untuk jenjang kelas 2 – 5, karena setiap jenjang ada 5 kelas. Sedangkan kelas 1, karena kelasnya ada 6, maka juaranya dari juara 1 – 6. Dan bisa dikatakan, bahwa semua kelas di tiap jenjangnya adalah pemenang dari kegiatan Gelar Kreativitas. Meski demikian, setiap jenjang kelas memberikan tampilan yang maksimal. Sedangkan untuk juara di kegiatan Business Day, yaitu juara 1 – 3 untuk kreativitas stand dan kekompakan kelompok juara dari 12 kelompok baik itu untuk jenjang kelas 3 maupun 5.

Dengan diadakan acara GKBD tahun ini menjadi pengaplikasian kegiatan pembelajaran untuk peserta didik SDIT Nur Hikmah dan diharapkan peserta didik SDIT Nur Hikmah dapat menuangkan ide kreatif dan berlatih menjadi wirausaha.

diulas oleh Ratu Annisa

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat