Kunjungan Belajar Kelas 1

KUNJUNGAN BELAJAR KELAS 1

Rabu, 16 Januari 2019 yang lalu siswa-siswi kelas 1 SDIT Nur Hikmah melaksanakan kegiatan kunjungan belajar. Kegiatan kunjungan belajar SDIT Nur Hikmah ini dilaksanakan per jenjang setiap tahunnya guna menerapkan dan memaksimalkan kegiatan pembelajaran lewat lingkungan sekitar. Selain merupakan implementasi dari visi Nur Hikmah yaitu berprestasi akademik optimal, kegiatan ini juga sebagai salah satu perwujudan delapan quality assurances (QA) berperilaku sosial baik. Karena di sana siswa-siswi akan berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan ini juga merupakan perwujudan dari QA memiliki kecakapan hidup, karena para siswa-siswi akan menghias es krim dan membuat layang-layang. Selain itu, kegiatan ini juga terkait dengan tema sebelumnya, yaitu kegiatanku, dengan kegiatan membuat layang-layang. Terkait pula dengan tema saat ini, yaitu pengalamanku dengan aub tema pengalaman yang berkesan.

Kali ini kunjungan belajar kelas 1 berkesempatan mengunjungi sebuah Museum Layang-layang dan Ice Cream Campina.  Semua sangat antusias mengikuti kunjungan belajar hari ini,  bahkan beberapa siswa-siswi sudah datang lebih awal dari biasanya ke sekolah.

Sambutan pembukaan disampaikan oleh Kepala Sekolah, Ust. Siti Badriyah S.Pt.. Beliau menyampaikan beberapa pesan tentang kunjungan belajar yang dilakukan ini agar anak-anak mendapatkan pembelajaran dan pengalaman juga tetap menjaga akhlak selama berpergiaan. Tak lama setelah itu anak-anak menuju busnya masing-masing. Ada yang menuju bus 1, bus 2 dan bus 3. Tujuan pertama kami adalah Museum Layang-layang yang berlokasi di Jln. H. Kamang No. 38 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Perjalanan kami tempuh 1 jam dari sekolah.

Sekitar pukul 09.00 kami pun sampai di Museum Layang-layang. Sesampainya di sana, kami disambut hangat oleh bapak/ibu pemandu. Tempatnya berbentuk seperti bangunan-bangunan Jawa dan banyak pepohonan. Anak-anak pun segera berbaris untuk mendengarkan pengarahan dari pemandu museum.  Kemudian setelah pengarahan, karena anak-anak cukup banyak akhirnya dibagi menjadi 3 kelompok untuk melaksanakan kegiatan secara bergantian. Kelompok 1 lebih dulu menonton sejarah layangan dan berbagai macam festival layangan, kelompok 2 lebih dulu membuat dan melukis layangan dan kelompok 3 lebih dulu melihat koleksi layang- layang dari berbagai macam daerah dan mancanegara.

Tempatnya sangat menarik perhatian anak-anak. Banyak hal-hal baru yang dilakukan anak-anak di sini, terutama pada saat pembuatan layang-layang. Kegiatan ini menjadi pengalaman pertama untuk mereka.

Tak terasa waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB. Sesuai dengan jadwal perjalanan, kami pun bergegas untuk segera melanjutkan perjalanan ke Ice Cream Campina yang berlokasi di daerah Cibinong. Sebelum mengunjungi tempat ke-2 kami singgah lebih dulu ke tempat rumah makan bebek H. Slamet. Anak-anak melaksanakan makan siang dan sholat dzuhur. Letak Ice Cream Campina tidak jauh dari tempat makan bebek H. Slamet, hanya 10 menit jaraknya.

Setelah kami sampai di Ice Cream Campina, waktu sudah pukul 13.20. Anak-anak di sambut dengan di berikan topi bergambar sapi oleh kakak-kakak pemandu. Anak-anak tetap semangat untuk mendapatkan pembelajaran di Ice Cream Campina. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah menonton film sejarah pembuatan ice cream. Ketika menonton anak-anak duduk tenang dan rapi. Mereka pun mulai memahami bagaimana cara pembuatan es krim. Setelah menonton, kaka pemandu mengajak bermain kuis cerdas cermat bersama anak-anak. Soalnya seputar sejarah es krim tentunya dan yang bisa menjawab soal dengan benar akan mendapat hadiah. Kemudian anak-anak juga belajar menghias es krim.

Di sini mereka dilatih saling bekerjasama untuk sebagus mungkin menghias es krim dan kegiatan terakhir anak-anak melihat kulkas raksasa yang isinya tempat penyimpanan es krim. Suhu di ruangan ini mencapai -32. Walaupun suhunya sangat dingin anak-anak justru sangat senang melihat-lihat kulkas raksasa.

Semua kegiatan sudah kami lakukan. Sebelum pulang anak-anak mendapat goodie bag yang isinya beberapa es krim dari Campina. Begitulah kegiatan kunjungan belajar kelas 1 yang kami lakukan kemarin. Anak-anak mendapat banyak pembelajaran yang menyenangkan dan tak terlupakan. Alhamdulillah….

diulas oleh Ratu Annisa

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat