Munaqosyah

Munaqosyah

Arif Rohman

Sabtu yang sejuk dan diselimuti oleh awan menaungi sekolah kami yang tercinta, SDIT Nur Hikmah Bekasi. Hari ini ada kegiatan munaqosyah ummi pertama di tahun ajaran ini, untuk mengikuti munaqosyah mereka harus melewati pramunaqosyah, mereka akan di tes satu persatu. oia yang diteskan kemereka materinya meliputi, tahsin, tartil dan tahfidz juz 30,29 dan 1.

Kegiatan pramunaqosayah di laksanakan 2 pekan sebelumnya. Tepatnya di tanggal 13 – 14 November 2018, selama dua hari itu mereka di tes, pengujinya masih guru – guru Al-quran dari sekolah kami, karena untuk tahap munaqosyah pengujinya harus dari para koordinator UMMI yang ada di setiap wilayah.

Suasana aula sekolah kami hari itu di buat sebagai tempat uji munaqosyah, setiap meja sudah tertulis nama materi yang akan murid-murid uji. setiap meja disiapkan bangku-bangku untuk penguji dan yang diuji, terlihat di pojokan aula terlihat para penguji yang sedang berkoordinasi dengan penguji yang lainnya.

Penulis sempat menanyakan kesalah satu panitia munaqosyah Ustadzah Rohmah, kata beliau, “untuk penguji kali ini ada dari Surabaya, Bekasi, Depok, jakarta dan dari sekolah kita. insya Allah tahun ini kita bisa mengkhatamkan 200 siswa, untuk munaqosyah pertama ini diikuti dari kelas 4 sampai kelas 6, untuk pramunaqosyah kedua yang insya Allah diadakan bulan januari akan diikutsetai dari kelas 2 sampai kelas 6. kita mengadakan Munaqosyah dalam setahun tiga kali dan ditutup dengan acara khataman yang akan di hadiri oleh ustadz yusuf pencetus UMMI dari Surabaya”.


Satu persatu murid berdatangan kesekolahan dengan menggunakan seragam hijau, mereka bersemangat untuk mengikuti kegiatan tersebut, terlihat dari wajah mereka yang ceria dan ditangan kanan mereka menggenggam Al-qur’an dan buku UMMI. suasana makin ramai itu pun dibarengi dengan para panitia yang menyiapkan semua perlengkapan kegiatanang diperlukan untuk hari ini, semua kegiatan dihari itu sepenuhnya di serahkan ke team Al-qur’an.


Terdengar suara dari dalam aula sekolah untuk mengarahkan murid-murid untuk berkumpul di masjid untuk berkumpul di setiap kelompoknya, mereka pun bergegas mengambil air wudhu dan menuju masjid, kebetulan masjid kami ada dilantai 2 mereka menaiki tangga dan sampai di masjid mereka ada yang sholat tahiyyatul masjid, dan ada juga yang sholat dhuha bagi yang belum. setelah sholat mereka berkumpul dengan kelompok mereka untuk mengulang -ulang materi yang akan mereka uji, suara setiap kelompok terdengan dengan jelas dan suasana masjid semakin ramai, pengajar Ummi mengarahkan mereka untuk terus mengulang-ulang, akhirnya tiba waktu yang mereka tunggu-tunggu.

Acara ini di buka sama kepala sekolah kami, Ustadzah Siti Badriyah, S.pt.. Motivasi yang diberikan oleh beliau membuat murid-murid begitu semangat untuk terus menghafal dan mengamalkan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari. setelah pengarahan mereka diuji satu persatu oleh para penguji, suasana aula hening yang hanya terdengan suara penguji dan yang di uji setiap mejanya semua berjalan dengan khusu dan lancar, bagi yang belum dipanggil mereka menunnggu di kursi yang sudah disiapkan. khawatir dan dek-dekan menyelimuti perasaan para perserta munaqosyah biar pun mereka sudah menguasai perasaan gugup pasti ada. mereka terus mengulang-ulang materi sebelum waktu dipanggil, Alhamdulillah terlontar dari mereka yang sudah melewatinya perasaan tenang dan bangga sudah diuji. mereka mengikuti dari pagi sampai siang hari.


Semoga Al-quran selalu ada didalam hati dan kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Beberapa Galeri

Leave a comment

Your email address will not be published.

One thought on “Munaqosyah”

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat