Kenapa mesti ke SMPIT Nur Hikmah

Ustadzah Farkhatun,  S.H. M. Pd

( Kepala SMPIT Nur Hikmah)

Pendidikan di jenjang SMP, menurut saya adalah satu kesatuan dengan pendidikan di tingkat SD, karena pendidikan dasar adalah wajib belajar 9 tahun. Artinya, anak lulus dari SD masih belum cukup untuk memberi landasan yang kuat dalam hal pembentukan kepribadian dan bagaimana anak itu belajar yang sebenarnya. Melihat kondisi lingkungan yang semakin memburuk dewasa ini untuk pembentukan kepribadian anak, dan juga keinginan dan desakan dari wali murid untuk tetap bisa menitipkan pendidikan dasar 9 tahunnya di Lembaga Nur Hikmah, maka berdirilah SMPIT Nur Hikmah Bekasi.

SMPIT Nur Hikmah mengkonsep pendidikannya dengan sekolah islam terpadu fullday school. Artinya sekolah yang memadukan kurikulum nasional dengan kurikulum khas Nur Hikmah, dan saya menganggap sekolah ini bagaikan sekolah boarding yang tidak menginap. Program kegiatan belajarnya dalam setingan menyerupai program yang ada di sekolah boarding. Program sekolah di awali dengan pembiasaan di pagi hari/budaya pagi (Penyambutan siswa, Shalat Duha, Murajaah Al Quran, Briefing Pagi, Mentoring, Mutiara Hadist, Muhodaroh, Senam Pagi, dan Serentak Membaca) yang diatur waktunya dengan proporsi yang seimbang dengan kegiatan belajar formilnya.

Program pembelajaran Al quran merupakan program unggulan SMPIT Nur Hikmah, dengan tujuan agar anak-anak mampu membaca Al Quran secara baik dan benar. Adapun program Al quran yang diberikan kepada siswa diantaranya, program tartil, tahfidh, dan turjuman. Untuk menunjang program unggulan ini, siswa-siswi diwajibkan untuk membaca Al Quran 5 halaman setiap harinya dan ada pula program Quran Camp yang dilakukan selama sepekan dengan tujuan akselerasi hapalan siswa-siswi yang ditargetkan memiliki hapalan minimal 3 Juz dalam tiga tahun.

Secara umum, target dan tujuan pendidikan dan pengajaran di SMPIT Nur Hikmah adalah: ketaqwaan yang tangguh, akhlak yang karimah, prestasi akademik optimal, berwawasan kebangsaan, global, dan islami yang dikemas dalam 11 Quality Asurance sekolah

Visi, Misi, dan Quality Assurance SMPIT Nur Hikmah ini dibalut dengan program kegiatan yang berkesinambungan selama tiga tahun, dengan pendampingan yang kuat dari Tim SMPIT Nur Hikmah. Dan Ustadz/ah selalu menguatkan hasil capaian peserta didiknya dengan doa yang tidak pernah putus sepanjang harinya.

Perjalanan singkat siswa-siswi kami selama 3 tahun kemarin telah menjadi hal terindah dan bermakna dalam perjalanan SMPIT Nur Hikmah, Alhamdulillah dengan capaian bersama SMPIT Nur Hikmah angkatan pertama bisa menembus 10 terbaik nilai Ujian Nasional tingkat kota Bekasi.  Angkatan pertama SMPIT Nur Hikmah tersebut telah kami persembahkan di sekolah sekolah lanjutan terbaik di Indonesia,  dan yang akan mewarnai hal terbaik di dunia pendidikan nantinya.

Ditahun perdana ini juga kami selaku penyenggara pendidikan di satuan SMPIT Nur Hikmah telah melaksanakan akreditasi dengan nilai yang sangat memuaskan dan sempurna yaitu predikat A.  Dan kami persembahkan ini untuk seluruh anak bangsa di Indonesia.

Kami berterima kasih kepada semua wali murid yang sudah mempercayakan pendidikannya di SMPIT Nur Hikmah. Dengan visi, misi, dan Quality Assurance yang jelas, Insya Allah kami sangat yakin untuk bisa mengantarkan siswa-siswi SMPIT Nur Hikmah menjadi generasi pemuda yang tangguh dalam akidah akhlak dan akademik.

Smoga niat baik kami untuk bisa mengantarkan siswa-siswi SMPIT Nur Hikmah menjadi pewarna bangsa dengan ketaqwaan yang tangguh, akhlak yang karimah, prestasi akademik optimal, berwawasan kebangsaan, global, dan islami, bisa didukung oleh seluruh wali murid dengan bekerja sama yang sifatnya membangun. Perjalanan ini belum usai, proses dan progressnya terus kami evaluasi untuk bisa lebih baik lagi di tahun berikutnya.
Wallahu’alam

Salam ukhuwah…
Kepala Sekolah SMPIT Nur Hikmah

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat