Kunjungan Belajar Kelas 4

KUNJUNGAN BELAJAR KELAS 4
SDIT NUR HIKMAH
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Between nature and history
Love nature for future, respect history for victory

Hendri Kurniawan

Seorang siswa jongkok menatap asyik, satu tangan memegang kertas dan pensil, tangan lain sesekali membetulkan posisi kaca mata besarnya yang tak sadar turun, sambil mulai mencolek penasaran tunas tanaman dalam pot plastik yang berjajar rapi. Sementara itu teman-teman lain lalu-lalang mencari posisi yang pas untuk mendengarkan penjelasan guide. Di lain tempat, satu kelompok berkerumun serius memperhatikan guide dengan rompi oranye sedang memegang sebuah tanaman yang agak besar. “ini pohonnya udah besar, udah lebih dari satu tahun lho, kemarin baru ulang tahun….hahaha..” kata kakak guide memecah suasana disusul gelak tawa para siswa.

Antusias!, ya antusias, itu komentar kami melihat siswa-siswi kelas 4 di perkebunan yang rapi dan indah milik Agroedutourism IPB Bogor yang menjadi tujuan pertama kunjungan belajar jenjang kelas 4 tahun ini. Tak terlihat wajah lelah meski pagi itu cuaca di IPB Bogor agak panas.

Kunjungan belajar kelas 4 tahun ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 17 Oktober 2018 dan bertemakan “cinta alam dan menghargai pahlawan”. Sebuah tema besar ini mengharuskan kami menentukan 2 destinasi sekali jalan. Dan akhirnya destinasi itupun jatuh ke Agroedutourism IPB dan Museum Peta (Pembela Tanah Air) di Bogor.

Di Agroedutourism siswa-siswi dibagi perkelompok yang masing-masing didampingi oleh guide muda yang ramah dan komunikatif. Di sana siswa-siswi dijelaskan dari awal hingga akhir tentang perkembangan tumbuhan yang bermanfaat bagi pengetahuan mereka. Selain mendapatkan materi dan pengalaman belajar yang seru, di akhir acara siswa-siswi diberikan oleh-oleh berupa tanaman yang boleh mereka bawa pulang ke rumah untuk ditanam.

Di tempat kedua, Museum Peta, siswa-siswi diharuskan menghafal lagu nasional sebelum memulai acara. Hal ini bertujuan agar mereka semua memiliki jiwa dan semangat nasionalis dan patriot. Sebenarnya siswa-siswi telihat sedikit kelelahan di dalam bus setelah beraktifitas di tempat sebelumnya, namun kelelahan itu seketika hilang berganti semangat dan antusias karena ketika mereka sampai, sudah disambut bapak-bapak TNI yang ramah berseragam lengkap dan dua buah tank besar bak parkir menyambut kami. Saat turun, mereka langsung berlari dan berbaris tanpa sulit diarahkan.

Setelah berbaris, mendengarkan arahan, dan bernyanyi bersama, seluruh siswa mengikuti guide masing-masing untuk masuk ke museum dengan rapi. Antusias dan semangat tak hilang meskipun rentetan acara telah mereka lalui. Setelah guide menjelaskan, selalu saja kebanyakan mereka mengangkat tangan penasaran ingin bertanya. Sampai akhirnya guide menghentikan pertanyaan karena kewalahan menjawab.

Kami sebagai guru kelas 4 berharap kegiatan ini menjadi pengalaman berharga bagi mereka. Sikap acuh tak acuh kebanyakan generasi muda terhadap alam dan sejarah saat ini merupakan hal yang mengkhawatirkan bagi kami sebagai guru. Mudah-mudahan dengan kunjungan belajar kali ini, dapat menjadi momentum bagi mereka untuk senantiasa mencintai alam dan menghargai pahlawan sebagai bagian dari sejarah. Love nature for future, respect history for victory.∎ HK11

Susunan panitia
Penasehat; Usth. Siti Badriyah, dan para wakil, Penanggung Jawab; Ust. Arif Rohman, Bendahara; Usth. Riri, Sekretaris; Usth. Azizah, Sie Acara; Ust. Hendri, Ust. Pras Sie Perkap; Ust. M. Rifai, Sie Konsumsi; Usth. Wiwi, Sie P3K; Usth. Monik, Sie Dokumentasi; Ust. Rachmat Kuding.


 

Leave a comment

Your email address will not be published.

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat