Hari Pahlawan

Hari Pahlawan

Ratu Annisa

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sejarah. Sejarah Indonesia tidak luput dari para pahlawan kita yang rela mempertaruhkan nyawanya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia .Hari ini tanggal 10 november diperingati sebagai hari pahlawan oleh Bangsa Indonesia setiap tahunnya. Asal mula di jadikannya hari pahlawan dimulai dari peristiwa pertempuran Surabaya melawan sekutu Inggris pada 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran 10 November menjadi perang terbuka terbesar di Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaan.

Singkat cerita dimulai dari pesawat-pesawat Inggris yang sengaja menjatuhkan selebaran kertas dari udara ke seluruh kota Surabaya. Selebaran kertas itu merupakan ultimatum Inggris yang meminta para pejuang surabaya untuk menyerahkan senjata dan menyerahkan orang yang bertanggung jawab atas tewasnya Brigadir Jendral Mallaby. Ultimatum tersebut dianggap sebagai penghinaan bagi para pejuang yang banyak membentuk badan perjuangan/milisi. Pada 10 November pagi, tentara Inggris meluncurkan serangan.

Pasukan sekutu mendapat perlawanan dari pasukan milisi Indonesia. Banyak tokoh pahlawan yang terlibat seperti Bung Tomo, KH. Hasyim Asyari, KH Wahab Hasbullah serta para kyai-kyai. Pada waktu itu perlawanan pihak Indonesia tidak terkoordinasi, sehingga sekitar 16.000 pejuang tewas. Pertempuran di Surabaya banyak memakan ribuan korban jiwa dan peristiwa tersebut kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesia sekarang.
Indonesia besar dan tumbuh karena jasa para pahlawan. Tanpa mereka Indonesia belum terlepas dari belenggu penjajahan dan belum diakui kemerdekaannya. Sebagai generasi penerus sudah tugas kita bersama dengan melanjutkan dan mengharai jasa para pahlawan yaitu dengan cara menjalankan aturan agama, pancasila, dan menjaga keutuhan budaya dengan baik dan benar. Bung Karno pernah berkata “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. Selamat Hari Pahlawan 10 November, Merdeka!

Leave a comment

Your email address will not be published.

Follow by Email
YouTube
LinkedIn
Share
WhatsApp chat